ilustrasi
in

Pemerintah Berharap Panitia Pemilihan BPD Bekerja Sesuai Tahapan

MUSI RAWAS, Silmed.id – Agar pemilihan BPD berjalan tepat waktu, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), membuat tahapan.

“Dalam pemilihan BPD ada tahapannya, sehingga panitia bekerja sesuai tahapan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas, Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Pemdes, Rian Pratama kepada Silampari Media, Jum’at (30/8/2019).

Dijelaskan Rian, pada 27 Juni pelaksanaan Musdes untuk menentukan mekanisme pemilihan, 27 Juli kepala desa membentuk panitia.

“Jumlah panitia sebanyak 11 orang, terdiri perwakilan dusun dan perangkat desa,” terangnya.

Selanjutnya, pada 5 Agustus hingga 8 September, panitia yang dibentuk melakukan rapat, untuk menentukan jadwal pemilihan, perumusan anggaran, penentuan alokasi BPD dan keterwakilan perempuan.

Lalu tahapan penjaringan, pendaftaran bakal calon BPD yakni 09 -29 September, pendaftaran tahap dua jika keterwakilan perempuan belum terpenuhi, pendaftaran tahap tiga jika kuota perempuan belum terpenuhi.

“Batas pendaftaran sebanyak tiga kali, jika kuota perempuan belum terpenuhi,” ujarnya.

Selanjutnya, penelitian kelengkapan persyaratan administrasi dan klarifikasi, serta penetapan dan pengumuman nama calon BPD yakni 3 September hingga 6 Oktober. Dilanjutkan dengan penetapan dan pengumuman daftar calon BPD.

“Dalam jarak waktu tersebut juga pembagian undangan pemilih, pengundian nomor urut,” paparnya.

Lalu pada 14 Oktober hingga 29 Oktober, panitia melakukan persiapan pemilihan BPD dan musyawarah keterwakilan, pada 14 – 20 Oktober pelaksanaan pemilihan. Pada 21-27 Oktober penyelesaian perselisihan dan pada 27 Oktober penetapan BPD terpilih.

“Pada 27 Desember pelantikan BPD,” tutupnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Buronan Pencurian Ditembak Polisi, Setelah Tiga Tahun Jadi Buronan

Warga Musi Rawas yang Belum Rekam E-KTP Kurang dari 4 %