in

Pemdes Diminta Atasi Covid-19, Jangan Hanya Seremonial

MUSIRAWAS,Silmed.id – Ditengah wabah covid-19 yang membuat resah dan ketakutan masyarakat. Pemerintah Kecamatan Tuah Negeri dan Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Rumbai diminta bersunguh-sunguh dalam memutus rantai penyebaran.

“Saya minta pemerintah kecamatan dan Pemdes Lubuk Rumbai serius dalam menangulangi bencana Covid-19, sebelum ada korban jiwa di Kecamatan Tuah Negeri dan Lubuk Rumbai,” kata Maylani kepada Silampari Media, Senin (27/04/2020).

Menurut dia, penanganan Covid-19 khususnya di Desa Lubuk Rumbai masih seremonial saja, karena hanya sebatas poto-poto untuk laporan.

“Penyemprotan disinfektan hanya mengunakan tank semprot, itupun hanya sebatas masjid, lalu sesi poto-poto selanjutnya selesai, berdasarkan hasil rapat kegiatan tersebur menelan anggaran jutaan rupiah,” papar dia.

Lalu pembagian masker masih tebang pilih dan warga harus tanda tangan sebagai penerima. Selain itu, tidak ada cepat tanggap dari Pemdes terkait warga yang pulang dari zona merah.

“Ada warga yang melapor ke Puskesmas, hal itu atas inisiatif sendiri, artinya tidak ada edukasi dari pemdes,” ungkapnya.

Terkait bantuan langsung tunai (BLT) anggaran bersumber dari Dana Desa (DD), Pemdes Lubuk Rumbai terkesan keberatan untuk mengucurkan pada anggaran perubahan. Padahal sudah dijelaskan dalam peraturan menteri desa.

“Harapan saya Pemdes dan Pemerintah Kecamatan Tuah Negeri, bersunguh-sunguh dalam menangulangi bencana Covid-19. Seperti membentuk relawan, membuat posko serta menangulangi dampak Covid-19,” harapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Satu Warga Musi Rawas Positif Covid-19

Tabrakan Maut, Satu Tewas, Empat Luka-luka