Bupati Muratara M Syarif Hidayat saat menyanyikan lagu anak pada acara Gernas Baku, Rabu (31/7/2019). Foto : Hengki Silmed
in

Pemda Muratara Gelar Puncak Gernas Baku se-Indonesia

MURATARA, Silmed.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Muratara melalui Dinas Pendidikan mengelar acara Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) yang serentak dilaksanakan di Indonesia. Hal ini terkhusus dalam rangka menuju Kabupaten Muratara layak anak dan dilakukan pemberian makanan tambahan anak usia dini.

Dalam sambutannya, Bupati Muratara H M Syarif Hidayat menyampaikan ribuan terimakasih kepada Dinas pendidikan (Disdik) telah melaksanakan kegiatan ini. Artinya Pemkab dan Dinas konsisten dengan pendidikan anak anak.

“Alhamdulillah ribuan yang hadir pada acara ini. Saya sangat mendukung acara ini. Tahun depan tingkatkan lagi agar lebih meriah,”kata Bupati, Rabu (31/7/2019).

Kepada ibu-ibu PAUD Syarif mengatakan bahwa anak-anak itu sama dengan kertas putih yang artinya masih suci. Akan diapakan anak ini, nah disinilah peran seorang ibu sangatlah penting.

“Jauhkan anak-anak dari Narkoba. Kita tidak tahu nasib anak anak kita nanti siapa tahu ada yang jadi Presiden, sebab tiidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan menghendaki,” ucapnya.

Bunda Paud Muratara, Lia Mustika Syarif menyampaikan sambutannya, bahwa kegiatan Gernas Baku serentak dilaksanakan di Indonesia.

“Tidak semua daerah di Sumsel melaksanakan Gernas Baku ini, namun kita sukses melaksnakanya,”jelasnya.

Tujuan Gernas Baku, kita akan membiasakan orang tua untuk membaca buku dengan anak. Mempererat hubungan dengan anak anak.

Lia Mustika berpesan orang tua harus mengawasi anaknya dan jangan memperbolehkan mereka main handphone (HP).

“Orang tua harus mengawasi anak-anak. Mulai sekarang, sepulang sekolah sempatkan diri membaca buku dengan anak,”ujarnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan, Sukamto dalam memperingati Gernas Baku, mengajak para orang tua dan anak-anak Paud, untuk gemar membaca buku.

“Ada dua agenda hari ini, pertama mengajak ibu ibu membimbing anaknya membaca selama lima menit. Kedua memberikan makanan tambahan usia dini, “terangnya.

Dirinya berharap, mudah mudahan tahun depan acara ini bisa terlaksankan lagi dan lebih ramai, hingga mencapai 10 ribu peserta seperti yang diharapkan Bupati Muratara.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Pemkab Muratara MoU Dengan Kajari Lubuklinggau

Sukakarya Adakan Musyawarah Lintas Kecamatan