in

Pelamar CPNS Kesulitan Buat Akun Pendaftaran CPNS, Ternyata Ini Penyebabnya

MURATARA, Silmed.id — Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), keluhkan lantaran tidak bisa mendaftarkan akun pendaftaran di link https://sscn.bkn.go.id. Senin (18/11/2019).

Dimana pelamar CPNS sebelum mendaftarkan diri harus membuat akun dengan memasukkan data kependudukan yang lengkap seperti NIK pelamar, No KK atau NIK KTP KK.

Seperti yang dikeluhkan Defri, bahwa saat mendaftarkan akun untuk mendaftar CPNS dirinya memasukan NIK, kemudian saat memasukan No KK atau NIK KTP dan KK muncul keterangan terjadi kesalahan.

“Saat terjadi kesalahan saya kira nomor NIK salah ketik angka setelah dicek satu persatu semua benar, dan No KK atau NIK KTP KK juga di cek satu persatu juga benar,” katanya.

Menurutnya, kemungkinan NIK KTP dirinya yang baru dibuat belum terkoneksi atau diaktifkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil), sehingga langsung mengkonfirmasi permasalahan tersebut.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Muratara, Aan Andrian melalui Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Kodri mengakui bahwa memang banyak yang menanyakan permasalahan NIK KTP yang belum aktif.

“Memang benar, namun data tersebut sebelumnya sudah kita kirim ke pemerintah pusat untuk mengaktifkan NIK KTP yang baru dibuat atau pindahan ke Muratara, tapi sampai saat ini belum ada respon,” kata Kodri.

Menurutnya, keterlambatan pelayanan di pemerintah pusat kemungkinan banyak data yang akan di aktifkan karena seluruh Indonesia, apalagi momennya saat ini bersamaan dengan pendaftaran CPNS.

“Mungkin data itu lagi antri karena bukan kita saja yang mengusulkan daerah lain juga, tapi kita usahakan kirim lagi supaya cepat ditanggapi,” ujarnya.

Seharusnya, kata Kodri pembuatan KTP baru atau pindahan dari luar ke Muratara dilakukan minimal 1 bulan sebelum adanya perekrutan CPNS.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Pompa Rusak, Distribusi Air ke Enam Desa Terhenti

Ganteng Maksimal Bersama Domand Collection