Pantia pemilihan BPD Muara Beliti Baru, mengunakan pakaian adat, saat melaksanakan pemilihan. Foto Candra PJ Kades.
in

Panitia Pemilihan BPD Muara Beliti Baru Menggunakan Pakaian Adat

MUSIRAWAS,Silmed.id – Panitia pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti, mengelar tahapan pemilihan, hasilnya tujuh orang berhasil menduduk jabatan legislatif tingkat desa tersebut.

Ke tujuh anggota BPD ini diantaranya Perwakilan Dusun I diraih oleh Deni 128 Suara dan Dadang Lesmana 111 Suara, Dusun II, Sarlian 68 Suara dan Arwana 55 suara, Dusun III, Herlmi 125 Suara, Dusun IV, Eri Rahmat 135 Suara dan untuk Keterwakilan Perempuan diraih oleh Fevfi Suhandri 275 Suara.

Penjabat Kepala Desa Muara Beliti Baru, Arief Candra mengungkapkan, pemilihan anggota BPD ini dilaksanakan di kantor Desa Muara Beliti Baru, Minggu (24/11/2019) yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Dengan menggunakan pakaian adat, seluruh panitia menyambut ribuan pemilih dengan senyuman dan menyapa dengan ramah. Satu persatu pemilih masuk ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan dan kemudian memasukan surat suara kekotak masing-masing jenis surat suara.

“Hari pemilihan ini memang sedikit berbeda, panitia seluruhnya menggunakan tanjak dan kain yang membalut baju putih dan celana hitam. Alhamdulilah proses pemilihan berjalan dengan lancar, aman dan demokratis,”ujar Chandra.

Dijelaskan Chandra dalam pemilihan anggota BPD ini, masyarakat desa Muara Beliti Baru sangat antusias menyambutnya, hal ini terbukti dari pemilih yang terdaftar dalam DPT ditambah pemilih tambahan hampir 78,6 persen yang menggunakan hak pilihnya. Semantara untuk pemilih keterwakilan perempuan sebanyak 82,9 persen.

Dikatakan Chandra, dari awal pembukaan pendaftaran pemilih hingga pencoblosan suasana terlihat baik dan penuh dengan keceriaan, selama proses ini tidak ditemukan kendala sampai berakhirnya proses penghitungan surat suara.

“Metode pemilihan yang dilaksanakan dengan menggunakan metode langsung, dimana seluruh masyarakat yang telah memiliki haknya baik yang sudah terdaftar dalam DPT maupun yang belum dapat memberikan hak suaranya. Namun khusus untuk yang tidak terdaftar dapat memilih setelah pukul 12.00 wib (pemilih tambahan) dengan syarat menunjukan bukti diri berupa Kartu Keluarga sebagai warga Desa Muara Beliti dan memenuhi syarat memilih,” paparnya.

Terlihat mengikuti tahapan pemilihan ini Camat Muara Beliti, Badarudin SH, Sekretaris Dinas PMD Alexander dan Kabid PMD serta anggota Polsek Muara Beliti, Danposramil Muara Beliti dan Babinsa Muara Beliti Baru.

“Kita berikan apresiasi kepada Panitia Pelaksana, masyarakat dan calon anggota BPD yang telah menyukseskan pemilihan anggata BPD Muara Beliti Baru ini. Melihat proses hari ini, kita dapat melihat proses demokrasi di desa ini telah berjalan dengan sangat baik dan transfaran, dan saya berharap hal ini dapat terus dipertahankan pada masa-masa yang akan datang,”ujar Camat Muara Beliti

Dijelaskan Badarudin, dengan telah terselenggaranya pemilihan BPD di Desa Muara Beliti ini maka seluruh desa di wilayah yang dipimpinnya ini telah melaksanakan pemilihan BPD.

“Alhamdulilah seluruh 11 desa di Kecamatan Muara Beliti sudah melaksanakan pemilihan BPD, saat ini pihaknya masih menunggu hasilnya dari setiap panitia pelaksana dan selanjutnya akan diteruskan ke Dinas PMD, untuk dimasukan dalam surat keputusan yang akan ditandatangani dan dilantik langsung oleh Bupati Musi Rawas,”pungkas Badarudin.(Rilis)

EDITOR : Dedi Ariyanto

Marak Pesta Malam ‘Diboncengi’ Penyalahgunaan Narkoba

Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Bisa Dipesan Sekarang