Warga SPV Karya Teladan, saat mengelar aksi di Depan Kantor Camat Muara Kelingi.
in

Panitia dan Balon BPD Temukan Kesepakatan

MUSIRAWAS, Silmed.id – Setelah melalui proses cukup panjang dan melelahkan, akhirnya Bakal Calon (Balon) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa SP5 Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi, menemukan kesepakatan dan diperkenankan mencalonkan BPD.

Camat Muara Kelingi, Firdaus melalui Kasi Pemerintahan Zainal Abidin menyampaikan, kedua belah pihak yakni panitia penjaringan anggota BPD dengan delapan Balon BPD, sudah menemukan kesepakatan.

“Alhamdulilah, kedua belah pihak sudah menemukan kesepakatan, jadi kelompok Buston dipersilahkan mengajukan berkas untuk mencalonkan BPD Karya Teladan,” kata Zainal kepada Silampari Media, Kamis (10/10/2019).

Panitia penjaringan BPD Karya Teladan, menunggu hingga Sabtu (12/10/2019), untuk kelompok Buston mengajukan berkas, jika lewat dari tanggal tersebut maka dianggap mengundurkan diri.

“Metode pemilihan yang disepakati yakni musyawarah keterwakilan, artinya satu dalam keluarga mendapatkan hak pilih, bukan seperti yang dicantumkan dalam perbup yakni delapan perwakilan unsur masyarakat dan lima dari perwakilan dusun,” ujarnya.

Ditambah dia, untuk pemilihan keterwakilan perempuan, dalam satu dusun akan diwakilkan 50 orang untuk memilih.

“Yang terpenting, semua kepentingan terakomodir, dan pemilihan BPD di Karya Teladan dapat berjalan sesuai harapan,” paparnya.

Dilain pihak, Mustar Edi Tokoh Adat Desa Karya Teladan mengatakan, untuk mendapatkan kesepakatan antara dua pihak, jalannya cukup berliku, dimulai dari pengaduan ke DPMD hingga aksi unjuk rasa di depan Kantor Camat Muara Kelingi.

“Dengan adanya kesepakatan ini, saya harap semua pihak mematuhinya, agar tercipta kondisi desa yang damai,”harapnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Dipasang Stiker, Delapan Penerima Bansos Mengundurkan Diri

Donat Crispy Papabi, Kres Diluar Lembut Didalam