Panitia pemilihan BPD Babat, Kecamatan STL Ulu Terawas. Foto : Trisnak Silmed
in

Panitia BPD Verifikasi Berkas Balon Peserta

MUSIRAWAS, Silmed.id – Panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Babat Kecamatan Suku Tenggah Lakitan (STL) Ulu Terawas, Kabupaten Musirawas (Mura) menggelar verifikasi berkas bakal calon (balon) peserta.

Kegiatan verifikasi berkas tersebut dilaksanakan, Rabu (2/10/2019) di kantor Desa Babat itu dihadiri oleh Sekcam, Zaini, para Kades dan seluruh peserta.

Ketua Pelaksana Pemilihan BPD Babat, Agus Wanto mengatakan digelarnya verifikasi berkas bagi peserta balon BPD ini, guna mengkroscek kembali semua kelengkapan para peserta.

Baik itu dari Ijazah pendidikan , Kartu Tanda Penduduk (KTP) , Kartu Keluarga (KK) hingga lain sebagainya yang sesuai dengan prosudur persyaratan bagi peserta balon BPD. Maka dari itu pada penyeleksian dan verifikasi berkas ini, pihaknya melibatkan semua unsur anggota kepanitiaan yang ada di Desa Babat .

“Mulai panitia dari pendidikan, Kecamatan hingga semua panitia kami ajak dan ikut dalam verifikasi berkas pada hari ini, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari,” kata Agus.

Agus mengatakan dalam 9 Kepala Dusun ( Kadus ) Desa Babat ada 16 orang balon BPD laki-laki dan 7 perempuan sebagai perwakilan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 23 orang.

Menurut Agus, Balon BPD itu diterima dari masing-masing masyarakat dusun, mulai dusun I hingga dusun 9, yang nantinya akan dipilih oleh masyarakat secara langsung .

Dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 2.271 orang dan saat ini masih dalam proses pendataan sebagai Daftar Pimilih Tetap (DPT) oleh Kepala Dusun (Kadus) .

Karena pada saat pemilihan nanti tidak boleh memakai KTP atau KK, sebab sudah didata langsung oleh masing-masing Kadus sebagai syarat pemilihan nanti .

“Jika 17 tahun ke atas atau sudah menikah berhak memilih, asalkan memiliki KTP dan KK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Babat, Internasional menambahkan memang pada hari ini telah di laksanakan kegiatan verifikasi berkas persyaratan bacalon BPD dari masing-masing dusun.

“Oleh panitia pelaksana pemilihan BPD baru Desa Babat Kecamatan STL Ulu Terawas ini dan syukur alhamdulillah berjalan dengan sukses ,”kata Kades .

Ia juga menghimbau kepada balon BPD Babat berkompetisilah secara baik, jangan saling sikut. Sebab siapapun yang terpilih nanti dapat bekerjasama dengan Kades guna mengsingkronisasikan program-program Pemerintah daerah.

“Serta dapat ikut andil dalam pembangunan Desa Babat dan membuat lebih maju lagi, hingga berkembang,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Camat STL Ulu Terawas Saparudin Husein mengapresiasi tingginya antusias untuk maju dalam pemilihan BPD.

“Untuk itu bagi yang menang nanti harus bisa rendah hati dan kedepanya dapat bersinergi dengan baik dengan kepala desa,”tutupnya.

PENULIS : Sutrisnak
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

PWI Jaring Wartawan Profesional Sesuai Kode Etik

Takut Ditolak, Balon BPD Cek Kesehatan Ulang