in

Musim Penghujan, Harga Pangan Naik Lagi

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Masih tingginya curah hujan saat ini membuat sejumlah bahan pangan naik lagi di pasaran. Kenaikkan harga yang signifikan terjadi pada komoditas bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, hingga daging ayam.

Tercatat beberapa komoditas di Pasar Bukit Sulap (PBS) dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau yang mengalami kenaikan yakni, cabai merah keriting Rp48.000/kg dari harga normal Rp38.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg dari harga normal Rp26.000/kg, bawang putih Rp56.000/kg dari harga normal Rp26.000/kg, dan daging ayam Rp32.000/kg dari harga normal Rp28.000/kg.

Di PBS dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau, sejumlah pedagang mulai mengeluhkan harga sejumlah komoditas yang mulai naik lagi akibat curah hujan yang masih tinggi. Hasil pantauan Silampari Media di PBS dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau, pada Selasa (25/02/2020) harga komoditas seperti bawang putih dan cabai merah keriting mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi.

” Cabai merah keriting harga satu kilonya saat ini Rp48.000, harga ini melonjak sejak satu minggu terakhir dari harga normal Rp38.000/kg,” ujar Ujang salah seorang penjual cabai merah keriting yang berlokasi di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau kepada Silampari Media, pada Selasa (25/02/2020).

“Bahan pokok sudah naik sekitar seminggu terakhir, semua harga naik karena memang sudah dari petaninya langsung, jadi mau tidak mau, kami para pedagang juga harus ikut menaikkan harga, karena kalau tidak takutnya nanti akan rugi,” tambahnya

Kenaikan harga yang cukup signifikan juga terjadi pada komoditas bawang putih yang saat ini mencapai harga Rp56.000/kg dari harga normal Rp26.000/kg.

“Harga bawang putih sangat melonjak saat ini, karenakan kalau bawang putih memang selalu impor dari cina, kalau dari Indonesia bawang putihnya kecil kecil paling seukuran jempol kaki orang dewasa perbongkah, dan itupun juga tidak laku dipasaran, sehingga kami para pedagang hanya mengandalkan impor bawang dari cina, karena saat ini barangnya sangat langkah jadi harganya melonjak ” ujar Maryarti, pedagang bawang di Pasar Bukit Sulap (PBS) Kota Lubuklinggau.

Para pedagang berharap semoga bahan pokok harganya kembali stabil lagi, karena semenjak naiknya harga bahan pokok selama satu minggu terakhir hari membuat para pedagang harus menambahkan modal agar tetap bisa berjualan.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Dinkes Akan Gelar Operasi Katarak Gratis

Botol Air Minum Terlengkap, Hanya di Rumah Botol