in

Musim Penghujan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Harga sejumlah bahan pangan mulai merangkak naik seiring datangnya musim penghujan. Kenaikkan harga bahan pangan terjadi untuk komoditas bawang merah, bawang putih, cabai merah, telur ayam, hingga sayur sayuran.

Di Pasar Bukit Sulap (PBS) dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau, sejumlah pedagang mulai mengeluhkan harga sayuran yang mulai melambung akibat musim hujan. Hasil pantauan Silampari Media di Pasar Bukit Sulap (PBS) dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau, harga jual beberapa jenis sayuran seperti tomat juga ikut naik.

“Harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik, hal ini dipicu karena musim penghujan yang masih berlanjut hingga saat ini, sehingga mengakibatkan banyak sebagian bahan pokok yang mengalami gagal panen dan harganya naik dipasaran,” ujar Ujang, salah seorang pedagang di Pasar Inpres saat disambangi Silampari Media, pada Jum’at (07/02/2020).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Saripa, salah seorang pedang lainnya yang berlokasi di Pasar Bukit Sulap (PBS) Kota Lubuklinggau.

Kepada Silampari Media, Saripa mengatakan bahwa naiknya sejumlah bahan pokok selama musim penghujan saat ini, membuat dirinya harus menambah modal sebesar 20% untuk tetap berjualan.

” Bahan pokok sudah naik sekitar 4 hari terakhir, semua harga naik karena memang sudah dari petaninya langsung, jadi mau tidak mau, kami para pedagang juga harus ikut menaikkan harga, karena kalau tidak takutnya nanti akan rugi,” jelasnya

“Semoga bahan pokok harganya kembali stabil lagi, karena semenjak naiknya harga bahan pokok selama 4 hari terakhir membuat saya harus menambahkan modal saya lagi agar tetap bisa berjualan,” tambahnya

Seperti harga cabai merah naik menjadi Rp48.000-Rp52.000/kg dari harga normal Rp36.000/kg, bawang putih Rp60.000/kg dari harga normal Rp26.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg dari harga normal Rp26.000/kg, telur ayam Rp40.000/30 butir(karpet) dari harga normal Rp36.000/30 butir(karpet), dan tomat naik di harga Rp10.000/kg dari harga normal Rp6.000/kg.

Para pedagang hanya bisa berharap semoga harga kebutuhan pokok bisa kembali normal seperti semula.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Yuk Reservasi Paket Valentine Dinner Bersama Hotel Burza Linggau

Besok, Calon Anggota PPK Tes Wawancara