in

Musim Pancaroba, Waspada TBC

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Musim hujan sudah mencapai puncaknya. Bayangan penyakit-penyakit pun mengintai, salah satunya adalah penyakit respiratori atau pernapasan.

Penyakit respiratori banyak macamnya, seperti asma, pneumonia, tuberculosis (TB), PPOK, ISPA dan bahkan kanker paru.

Direktur RS (Rumah Sakit) Siti Aisyah Kota Lubuklinggau, dr Charlie Syamsuar mengimbau agar masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya waspada terhadap penyakit langganan yang selalu datang pada saat musim pancaroba, seperti sekarang salah satunya adalah penyakit Tuberculosis (TBC).

“Tuberculosis sekarang sudah menjadi penyakit respiratori paling mematikan nomor dua di dunia. Penyebabnya selain rokok adalah cuaca tidak menentu yang dapat melemahkan sistem imun tubuh, sehingga dapat mengundang berbagai penyakit, ” ia menerangkan.

Charlie juga mengatakan, bahwa salah satu langkah untuk mencegah TBC (tuberkulosis) adalah dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Di Indonesia, vaksin ini termasuk dalam daftar imunisasi wajib dan diberikan sebelum bayi berusia 2 bulan. Bagi yang belum pernah menerima vaksin BCG, dianjurkan untuk melakukan vaksin bila terdapat salah satu anggota keluarga yang menderita TBC.

TBC juga dapat dicegah dengan cara yang sederhana, yaitu mengenakan masker saat berada di tempat ramai dan jika berinteraksi dengan penderita TBC, serta sering mencuci tangan.

Walaupun sudah menerima pengobatan, pada bulan-bulan awal pengobatan (biasanya 2 bulan), penderita TBC juga masih dapat menularkan penyakit. Jika Anda menderita TBC, langkah-langkah di bawah ini sangat berguna untuk mencegah penularan, terutama pada orang yang tinggal serumah dengan anda.

Tutupi mulut saat bersin, batuk, dan tertawa, atau kenakan Apabila menggunakan tisu untuk menutup mulut, buanglah segera setelah digunakan.

Tidak membuang dahak atau meludah sembarangan. Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik, misalnya dengan sering membuka pintu dan jendela agar udara segar serta sinar matahari dapat masuk.

Jangan tidur sekamar dengan orang lain, sampai dokter menyatakan TBC yang Anda derita tidak lagi menular.

Selain itu, pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi seperti makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur juga bisa mencegah terjangkitnya penyakit Tuberculosis (TBC) dan penyakit rentan lainnya pada saat dimusim penghujan.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Yuk Reservasi Paket Dinner Imlek 2020 Bersama Smart Hotel

Dua Pengedar Narkoba Dikerangkeng