in

Musim Kemarau, Sungai Rupit Tampak Seperti Pantai

MURATARA, Silmed.id – Kemarau panjang yang terjadi saat ini membuat debit air di sejumlah sungai menyusut, termasuk Sungai Rupit di Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Hal itu dimanfaatkan warga untuk berbondong-bondong mandi ke sungai yang terlihat seperti pantai tersebut.

Bahkan masyarakat yang mandi di pulau tersebut hingga mencapai ratusan orang, baik itu dari kalangan anak-anak, remaja dan juga orang dewasa. Pulau tersebut setiap sore hari selalu ramai dipadati oleh masyarakat baik untuk sekedar bermain ataupun mandi.

Informasi yang berhasil diperoleh Silampari Media diketahui, kebanyakan orang yang datang ke pulau tersebut menjadikannya sebagai sarana bermain seperti layaknya lokasi wisata, apalagi mengingat Muratara yang hingga saat ini masih belum memiliki tempat pemandian khusus. Sehingga wahana pantai dadakan ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat terutama kalangan remaja.

Amoy (18) salah satu warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit kepada Silampari Media mengatakan dengan menyusutnya Sungai maka pulau yang berada ditengah-tengah sungai Rawas terlihat seperti pantai, sehingga wajar apabila pengunjung di setiap harinya mencapai ribuan orang.

“Kami senang mandi pulau ini, sebab selain gratis dan airnya juga bersih. Selain untuk mandi, di pulai ini bisa juga jadi tempat bermain dengan menggunakan ban karet apalagi ditambah suasananya yang tidak kalah menarik dengan pantai sesungguhnya,”katanya.

Dia menambahkan, mengingat Muratara sendiri belum memiliki tempat pemandian khusus seperti kolam renang atau sebagainya, jadi kondisi yang alami inilah yang dijadikan tempat permainan walaupun hanya setahun sekali.

“Walaupun tempatnya sederhana, namun kami merasa senang dan juga terhibur, karena bisa bermain dengan teman-teman,”jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Azril (35) warga Kecamatan Rawas Ilir, bahwa mandi di pulau ini membuatnya senang tidak ubahnya seperti berada pantai yang ada di Bali, sebab banyak orang yang datang menjadikannya tempat bermain.

“Hampir setiap sore saya mandi bersama anak-anak, sebab kami senang banyak orang yang datang disini,”ujarnya.

Disisi lain, Kades Desa Lawang Agung, Kaharudin AZ mengatakan, bagi warga yang mandi di Sungai Rupit harus hati-hati, terutama bagi mereka yang membawa anak agar dapat menjaganya.

“Bagi yang membawak anak kecil, agar tetap waspada dan tetap menjaga anakny,”pungkasnya.

PENULIS: Hengki Pransis
EDITOR: Aulia Azan Siddiq

Warga Resah Dengan Keberadaan Kandang Ayam

45 KPM Dilaporkan Penerima Bansos Dilaporkan Mampu