ilustrasi
in

Musdes Hanya Dihadiri Perangkat Desa

MUSI RAWAS, Silmed.id – Musyawarah Desa (Musdes) Leban Jaya
Kecamatan Tuah Negeri, hanya dihadiri anggota BPD dan perangkat desa.
“Kami inginkan pemilihan BPD secara langsung agar menghasilkan anggota BPD sesuai dengan keinginan masyarakat,” FA (35) kepada Silampari Media, Kamis (18/7/2019).
Dikatakannya, Musdes yang dilaksanakan hanya dihadiri segelintir orang yakni hanya sekitar 30 orang, maka otomatis Musdes hanya dihadiri oleh perangkat Desa. Sebab perangkat Desa sebanyak 16 orang, anggota BPD 11 orang, belum lagi anggota linmas, PKK, kader Posyandu, kader Puskesos.

“Musdes ini sangat tidak representatif. Sebab dihadiri 30 orang dari 1.500 lebih penduduk Desa Leban Jaya,”terangnya.

Lanjut dia, dirinya berharap diadakan Musdes yang representatif dengan dihadiri seluruh unsur masyarakat. Sehingga tercapai mufakat yang benar-benar dari masyarakat, sebab warga menuding kesepakatan pemilihan musyawarah mufakat tanpa adanya Musdes.
“Intinya kami inginkan Musdes yang sesuai dengan aturan dan jangan terkesan diam-diam,”pintanya.
Sementara itu, Ketua BPD Leban Jaya Sugiman (65) mengakui bahwasanya Musdes di Leban Jaya telah dilaksanakan. Dimana, untuk jumlah warga yang menghadiri musdes tersebut sebanyak 30 orang.
“Dari hasil Musdes disepakati pemilihan BPD Leban Jaya opsi musyawarah mufakat,”tutur Sugiman.
Kemudian, opsi tersebut disepakati karena tidak mengetahui jika pemilihan BPD telah dianggarakan dari Alokasi Dana Desa (ADD) kurang lebih Rp 23 juta.
“Kami tidak tahu kalau ada anggaran penyelenggaraan pemilihan BPD. Itulah alasan disepakati tidak pemilihan langsung melainkan musyawarah mufakat,”akunya.
Terpisah, Camat Tuah Negeri Kabupaten Mura, Christiandi Argani menjelaskan, penyelenggaraan Musdes menjadi kewenangan BPD dan hasilnya dilaporkan ke Kecamatan untuk dilanjutkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Namun, terkait dugaan Musdes Leban Jaya yang dinilai tidak transparan maka pihaknya akan mengkroscek ulang kebenarannya.
“Intinya kami cek dulu apakah musdes BPD Leban Jaya sudah sesuai dengan juknis dan juklak yang ada atau tidak,”pungkasnya.
PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kepsek Bolos Siap Ditindak

Pemkab Muratara Terima Rp 83 M