Rapat rencana pelaksana Replating 2500 H kelapa Sawit di Muratara. Foto Ardi Silmed
in

Muratara Mendapat Jatah 2500 H Replating Sawit

MURATARA, Silmed.id – Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara), mendapatkan jatah fasilitasi peremajaan lahan (replating) Kelapa Sawit Rakyat dari Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2019 seluas 2500 hektar (H).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh tim peremajaan Dinas Pertanian Provinsi Sumsel Elman, Kamis (5/9/2019) saat menghadiri rapat Rencana replating di kantor pertemuan Dinas Pertanian Muratara

Dikatakan oleh Elman replanting dilakukan untuk meningkatkan kembali produksi sawit milik rakyat yang selama ini dinilai sudah mulai kurang produktif.

“Dalam program ini, sawit rakyat yang sudah berumur 25 tahun, akan ditebang dan ditanam kembali, setiap satu hektar lahan akan mendapat bantuan sebanyak 25 juta, semua itu dilakukan demi meningkatkan kembali Produktifitas sawit milik rakyat,” kata Elman.

Ditambahnya, dari luasan jatah lahan yang didapat, pada tahap pertama Kabupaten Muratara 1600 hektar lahan dahulu, andai mencapai target maka akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya.

“2500 itu tidaklah secara sekaligus akan bertahap, tapi kita yakini Muratara akan mampu mencapai target tersebut, karena setelah kita data lahan sawit rakyat Muratara sangat luas,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Perkebunan Muratara Ir Suhardiman melalui Kabid Perkebunan Umi Wijianti mengatakan, pihaknya akan bekerja keras mencapai target yang didapatkan demi membantu petani sawit Muratara.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin, agar replanting dapat tercapai, dan produksi sawit milik rakyat kembali menggairahkan” katanya.

Namun iya tidak memungkiri bila kesulitan dilapangan ditemui, selain karena masih banyak lahan yang masih sengketa dan juga administrasi lahan milik masyarakat masih kurang memadai.

“Saat ini banyak ditemukan lahan yang masih ada permasalahan, namun kita akan membantu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan,” tambahnya.

Umi mengatakan replanting tahun 2019 merupakan yang pertama di Muratara, dan peluang tersebut akan dimanfaatkan dengan baik, agar kedepannya bantuan bagi petani akan lebih banyak dan penghasilan petani akan lebih baik.

PENULIS : Ardi Gumailah
EDITOR   : Dedi Ariyanto

PT CLBB Didemo

Pelayanan PLN Tak Maksimal