PELAYANAN - Salah satu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS Lubuklinggau. Foto Jofan Silmed.
in

Mulai 1 Oktober, Pemkot Berikan Berobat Gratis, Begini Caranya

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau memastikan pada 1 Oktober 2019, semua warga yang belum memiliki jaminan kesehatan akan didaftarkan ke JKN-KIS dan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Akhir-akhir ini beredar video Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mempromosikan ke masyarakat bahwa mulai 1 Oktober Pemkot akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis, hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Cikwi membenarkan kepada Silampari Media. Ia mengatakan bahwa program tersebut ditujukan hanya bagi warga yang belum mengikuti jaminan kesehatan.

“Pelayanan kesehatan yang kami berikan, itu sudah termasuk rawat inap akan tetapi kelas tiga. Nah, bagi yang sudah memiliki, walaupun dia kelas tiga tidak bisa lagi didaftarkan pemerintah,” jelas dia kepada wartawan, Selasa (08/10/2019).

Saat ini, ia melanjutkan pihaknya tengah berupaya membagikan kartu-kartu JKN-KIS kepada masyarakat.

“Kartu yang sudah dicetak itu sekitar 36.000 an. Rata-rata yang mendapatkan adalah keluarga tidak mampu. Nanti kartu ini akan terus kami distribusikan ke camat, lurah hingga sampai ke masyarakat tersebut,” lanjutnya.

Ia juga berharap, bahwa semua Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS sudah memahami program pemerintah tersebut.

“Bagi masyarakat apabila nanti ada yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan, mereka bisa komplain. Tapi kalau seminggu ini ada rumah sakit belum memahami, kami harap maklum karena program ini baru kami terapkan 1 Oktober mulai pukul 00.00 WIB,” terangnya.

Ditempat terpisah, seorang warga Kelurahan Batu Urip Taba, Imam (40) mendengar kabar tersebut merasa sangat senang.

“Alhamdulillah kalau memang seperti itu, kami sangat senang. Karena selama ini kami belum ikuti jaminan kesehatan karena tidak punya uang. Mudah-mudahan benar kabar itu, nanti kalau berobat cuma dengan bawa KTP sudah bisa,” ucapnya dengan rasa syukur.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR  : Dedi Ariyanto

Polres Musi Rawas Adakan Silaturahmi Dengan Insan Pers

Anjal Segera Tertibkan