DIRINGKUS. Tiga pelaku pencurian dengan modus memecah kaca mobil korbannya, berhasil diringkus saat berada di Bandara Supadio Pontianak, Minggu (7/7/2019). Foto: prokal.co
in ,

Modus Pecah Kaca, Warga Linggau Dibekuk Polisi Palangka Raya

*Seorang Lagi Warga Kecamatan Tugumulyo

PALANGKARAYA, Silmed.id – Aparat kepolisian dari Polres Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah membekuk tiga orang pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil korban. Salah seorangnya adalah warga Kota Lubuklinggau diketahui bernama Leo Tandra (25) yang beralamat di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan Sumatera Selatan.

Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul RK Siregar dalam pers rilisnya menjelaskan, ketiga pelaku dibekuk saat akan kabur kembali ke daerah asalnya, ketika tengah berada di ruang tunggu Bandara Supadio, Pontianak Kalimantan Barat, Minggu (7/7/2019).

Ketiga pelaku yaitu Leo Tandra (25) yang beralamat Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau, Kota Lubuklinggau, Suwarto (39) warga Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas dan Edwar (48) yang beralamat Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Para pelaku terpaksa dihadiahi timah panas di kakinya, karena melakukan perlawanan saat penangkapan.

“Para pelaku ini merupakan penjahat yang beraksi lintas Provinsi. Diantaranya di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah,” kata AKBP Timbul, Senin (8/7/2019).

Dalam melakukan aksinya, lanjut Timbul, para pelaku memulai pengintaian calon korbannya dari kantor bank. Saat di Palangka Raya, ketiga pelaku datang ke kantor BRI Cabang Kota Palangka Raya. Ketiganya kemudian berbagi tugas, masing-masing satu orang masuk ke dalam bank untuk melakukan pengamatan terhadap nasabah di ruang prioritas atau VIP yang akan melakukan penarikan uang dalam jumlah besar. Sedangkan dua orang lainnya menunggu di luar.

Saat pelaku yang di dalam sudah mendapati target, kemudian memberi tahu kepada dua rekannya di luar yang segera mengikuti calon korban.

“Dua orang yang berada di luar bank bertugas untuk mengikuti sasaran atau korban sekaligus bertugas sebagai eksekutor,” kata AKBP Timbul.

Para pelaku terus mengikuti korban hingga di lokasi yang sepi. Dan saat korban sedikit lengah, para pelaku pun langsung menjalankan aksinya.

“Mereka memecahkan kaca mobil, kemudian mengambil uangnya lalu pergi. Jadi mereka ini juga mencari korban yang lemah, contohnya seperti perempuan,” tuturnya.

Timbul juga mengatakan setelah aksi berhasil, para pelaku kemudian membagi tiga hasil kejahatan berupa uang tersebut. Kemudian, langsung mengirimkannya kepada keluarga atau kerabat dekat pelaku di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Aksi para pelaku dilakukan pada Rabu (3/7/2019) siang di Jalan Piranha XIX Palangka Raya, pelaku berhasil menggondol uang Rp150 juta yang disimpan di dalam mobil.

“Kami melakukan pengejaran menyisir dari Kotim, Kobar, Lamandau sampai ke Pontianak. Mereka berhasil diamankan ketika ingin terbang kembali ke daerah masing-masing,” ungkap AKBP Timbul RK Siregar.

Kapolres juga mengungkapkan barang bukti yang berhasil pihaknya amankan yakni 1 unit sepeda motor Nopol KB 5315 OP, 1 unit sepeda motor Nopol KH 2073 LH, uang tunai senilai Rp 1.700.000 (satu juta tujuh ratus ribu rupiah), 1 lembar nota pembelian tiket pesawat senilai Rp 7.740.000 (tujuh juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah), 1 pasang sepatu pantopel, 1 lembar celana dan 1 buah tas selempang.

“Selain itu, ada juga pakaian yang baru dibeli, jadi masih belum pernah dipakai,” pungkas AKBP Timbul. (atm/nto/prokal)

Source: prokal.co
http://kalteng.prokal.co/read/news/48640-mau-kabur-lewat-bandara-3-pelaku-pecah-kaca-ditembak.html
http://kalteng.prokal.co/read/news/48641-pelaku-pecah-kaca-mobil-sudah-mengintai-sejak-di-bank.html

 

Penerbitan SPH Tak Dikenakan Pajak

Gejolak Cikencreng Berlanjut, Warga Siap Aksi Masa Jilid II