PELAJAR - Siswa siswi SMPN 1 Lubuklinggau tetap masuk sekolah, serta belajar seperti biasanya. Foto Jofan Silmed.
in

Meski Asap Tebal Menyelimuti, Sekolah Belum Diliburkan

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Walaupun kabut asap sudah sangat tebal menyelimuti Kota Lubuklinggau. Namun proses belajar mengajar di sekolah tetap seperti biasanya.

Seperti, siswa siswi SMPN 1 Lubuklinggau yang kami lihat mereka masih belajar seperti biasanya. Walaupun dari beberapa anak-anak menggunakan masker saat ke sekolah.

Melihat kondisi seperti itu, Ketua DPRD Lubuklinggau, H Rodi Wijaya menyampaikan jika asap sudah membahayakan, pihaknya meminta anak-anak sekolah untuk diliburkan sementara.

“Inikan memang bencana, suatu hal yang tidak bisa diduga-duga. Tapi jika memang sudah melewati batas kami minta untuk diliburkan dulu,” katanya, Senin (14/10).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Tamri mengatakan bahwa pihaknya belum bisa meliburkan anak sekolah. Ini dikarenakan belum mendapatkan kejelasan status asap dari Dinas Kesehatan (Dinkes). Apakah sudah membahayakan atau belum.

“Kalau memang sudah melewati batas kami liburkan. Tapi mengenai apakah asap tersebut sudah bahaya atau tidak, itu bukan ranah kami. Jadi kami masih menunggu tembusan dari Dinkes tekait hal ini,” ungkap Tamri.

Disisi lain, Dinkes Lubuklinggau, Cikwi Faris menjelaskan bahwa benar jika asap di Lubuklinggau sudah terlihat tebal hari ini. Akan tetapi menurutnya belum termasuk membahayakan.

“Kalau dilihat saat ini belum begitu membahayakan. Inikan baru terlihat tebal hari ini. Nanti kita lihat dulu dalam sehari dua hari kedepan seperti apa. Makanya kami belum merekomendasikan kepada Disdik,” ungkapnya.

Dalam penilaian asap tersebut membahayakan atau tidak, pihaknya tidak bisa serta merta langsung saja, harus diukur dulu.

“Yang jelas mengukur masalah asap ini adalah wewenang Kesehatan Lingkungan Hidup Provinsi, tidak ada di Lubuklinggau. Kami akan kirim surat dulu ke mereka untuk bisa mengukur dan menyimpulkan apakah sudah membahayakan,” terangnya.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Wako Optimis Hubungan Eksekutif-Legislatif Kian Harmonis

We Hotel Hadirkan Konsep Milenial