in

Memprihatinkan, Jembatan Penghubung Antar Desa Bermaterial Pohon Kelapa

MUSIRAWAS, Silmed.id – Jembatan penghubung antara SP1 Desa Pelita Jaya dengan SP2 Desa Sido Mulyo Kecamatan Muara Lakitan, kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya jembatan mengunakan pohon kelapa.

Pantauan dilapangan, jembatan dengan panjang sekitar 10 meter dan lebar lima meter. Mengunakan 14 batang pohon kelapa yang sudah dibelah.

Kendaraan sepeda yang melintas, harus antre saat mengunakan jembatan, sebab jembatan tidak dapat digunakan secara bersamaan, karena sepeda motor mengunakan bagian tengah jembatan.

Pohon kelapa yang sudah dibelah menjadi dua tersebut, diletakkan di jembatan sebagai alas bagi mobil. Pohon kelapa diikat mengunakan kawat besi agar tidak bergeser.

“Dahulu, sebelum mengunakan pohon kelapa, alas jembatan mengunakan besi, tapi karena termakan usia, besi sudah lapuk dan digantikan dengan pohon kelapa,” jelas Yus warga Trans Subur.

Jembatan ini, sambung dia, menghubungkan Desa Pelita Jaya dengan Sido Mulyo. Jalan ini akses utama masyarakat, jadi ketika jembatan mengalami kerusakan, maka warga secara swadaya melakukan perbaikan dengan material seadannya.

“Sudah seharusnya pemerintah melakukan pembangunan jembatan permanen, sebab ini akses utama. Yang namanya pohon kelapa tidak akan bertahan lama,” harap dia.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Bupati Lounching Layanan E-Warong Kube PKH

SMA Negeri 6 Gelar Donor Darah