RS SITI AISYAH - Rumah Sakit Siti Aisyah yang berlokasi di Jalan Lapter Silampari No. 20 Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Foto : Putri Silmed
in

Memasuki Musim Hujan, Warga Diingatkan Waspada DBD

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Memasuki musim penghujan, Direktur RS (Rumah Sakit) Siti Aisyah Kota Lubuklinggau, dr Charlie Syamsuar mengimbau agar masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

dr Charlie mengatakan, walaupun ini masalah klasik yang selalu datang saat musim hujan, namun tetap perlu diwaspadai agar tidak terjangkit.

Selain itu, lanjut dr Charlie agar terbebas dari penularan DBD selama musim penghujan, tidak cukup hanya imbauan dari pemerintah saja, tapi juga kesadaran langsung dari masyarakatnya.

“Untuk pencegahan DBD, memerlukan peran kita semua, apakah kita siap untuk itu, menjalankan prilaku 3M yaitu menguras bak mandi, menutup wadah penampung air dan mengubur barang bekas,” kata dr Charlie.

“Iklim berubah, tempat yang dulunya tidak cocok untuk nyamuk, sekarang menjadi tempat pertumbuhan yang bagus bagi nyamuk, karena suhunya hangat,” tambahnya.

Namun, dari perilaku masyarakat yang tidak mau melaksanakan 3M, yang merupakan upaya pencegahan secara sederhana, akan mengakibatkan serangan nyamuk Aedes aegypti tidak terhindarkan.

“Perbanyak konsumsi sayur, dan buah agar daya tahan tubuh tidak menurun selama musim penghujan,” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Harga Emas Hantam Harga Rp640.000 Per Gram

Ops Lilin, Polres Mura Persiapkan 35 Personil