in

Memasuki Musim Hujan, Harga Sayuran Belum Stabil

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Memasuki musim penghujan, harga sayuran dan bahan pangan di Pasar Bukit Sulap (PBS) dan Pasar Inpres Kota Lubuklinggau terpantau fluktuatif atau naik turun. Terjadi kenaikan bahkan penurunan harga beberapa komoditas di pasar.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Bukit Sulap (PBS), Abas menyebutkan fluktuasi harga terutama terjadi pada cabai merah. Harga cabai merah besar saat ini adalah Rp 40.000 per Kg. Minggu sebelumnya harga cabai tersebut sempat berada pada angka Rp 30.000 dan Rp 35.000 per Kg.

“Cabai merah keriting turun sekarang Rp35.000 per Kg. Kemarin-kemarin Rp39.000,” ungkap Abas saat ditemui Silampari Media, pada Kamis (31/10).

Sementara itu untuk jenis cabai rawit pedas berwarna merah saat ini harganya adalah Rp 80.000 per Kg. Harga cabai jenis tersebut juga mengalami kenaikan yang cukup bertahan lama sejak 1 bulan yang lalu, setelah sebelumnya hanya Rp 30.000 an per kilogramnya.

“Cabai rawit hijau Rp 30.000 per Kg,” ujarnya.

Sementara itu harga bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan menjadi Rp 30.000 per Kg setelah sebelumnya selalu berada diharga Rp 24.000.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Aji, pedagang lainnya yang berada di Pasar Inpres Kota Lubuklinggau, saat ditemui Silampari Media, pada Kamis (31/10), Aji mengatakan bahwa harga sayuran saat ini belum kondusif dan masih naik turun.

“Harganya masih naik turun, belum tahu sampai kapan, karena kalau tanaman seperti cabaikan sangat susah hidupnya, butuh kesabaran ekstra saat merawatnya, dicuaca yang belum menentu saat ini, banyak petani yang gagal panen dan ada juga yang tidak, makanya harganya naik turun,”ujar Aji.

Selain itu, untuk harga sayuran terpantau masih stabil. Kentang saat ini harganya adalah Rp 14.000 per Kg, tomat Rp 6.000 per Kg, brokoli Ro25.000 per Kg.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Ditargetkan Bupati H2G, Tahun 2020 Jalan Simpang Jayaloka Sampai Desa Sungai Bunut Mulus

Unras di Kejati Dinilai Terlalu Tandensius