ilustrasi.
in

Mediasi Eks PT SGU Belum Temui Kata Sepakat

MUSI RAWAS, Silmed.id – Mediasi eks pekerja dan manajemen PT Sarana Gastekindo Utama (SGU) yang merupakan subkontraktor Pertamina yang beroperasi di Kecamatan Sukakarya belum menemui kesepakatan.

Dimana, hal ini dikarenakan belum adanya kesepakatan terkait tuntutan yang disampaikan oleh eks pekerja ke pihak perusahaan.

“Kalau diberhentikan tidak masalah karena itu hak perusahaan. Namun, kami minta perusahaan untuk memberikan hak-hak kami sebagai pekerja,”jelas Sopian perwakilan eks PT SGU dalam mediasi di ruang rapat, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kamis (8/8/2019).

Dijelaskan, bahwa ia bersama sepuluh eks pekerja lainnya telah bekerja di PT SGU sejak tahun 2013 dan berakhir kontrak pada 15 Agustus mendatang. Namun, pada Juli telah di PHK oleh perusahaan.

“Artinya ada sisa kontrak lima belas hari yang belum dibayar gaji kami dan belum termasuk pesangon serta jamsostek. Termasuk, lembur tiga bulan belum diberikan oleh PT SGU,”terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mempertanyakan slip gaji yang tidak pernah diberikan oleh perusahaan. Bahkan, sebelum permasalahan ini dilaporkan ke Disnakertrans dan DPRD sebelumnya telah menghubungi manajemen PT SGU untuk menyelesaikannya.

“Kami sudah mengupayakan agar masalah ini dimusyawarahkan yang difasilitasi oleh Kepala Desa (Kades). Akan tetapi, tidak ada itikad baik,”tegasnya.

Sementara itu, HRD PT SGU, Winda mengakui bahwa ia baru tiga bulan menjabat sebagai HRD. Namun, terkait tuntutan eks pekerjanya tersebut akan menyampaikan ke pimpinannya.

“Kami perusahaan siap memberikan apa yang menjadi hak eks pekerja PT SGU ini seperti sisa gaji kontrak, gaji lembur dan slip gaji. Namun, kalau untuk pesangon akan dimusyawarahkan kembali,”janji Winda.

Sedangkan, Kepala Disnakertrans Kabupaten Mura, H Mefta Jhoni melalui Kasi Perselisihan HI, Subianto menjelaskan, pihaknya hanya memfasilitasi dalam mediasi ini sebagai tahapan yang perlu dilalui setelah menerima pengaduan. Namun, bilamana dalam mediasi tidak ada kesepakatan maka nanti dimusyawarahkan kembali dan bila belum ada kesepakatan silahkan ke tingkat yang lebih tinggi yakni pengadilan. Namun, terkait tuntutan eks pekerja PT SGU ini apa yang menjadi haknya tentu perusahaan wajib memberikannya.

“Silahkan perusahaan bisa menyampaikan ke pimpinan yang lebih tinggi terkait tuntutan ini. Apalagi, eks pekerja ini sudah bekerja lama dan tentu punya jasa,”tutur Subianto.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Coba Kabur, Pelaku Curas Lintas Provinsi Ditembak Polisi

16 Calon Penegak Pramuka Dikukuhkan Gubernur