Gerbang Kampus Universitas STKIP-PGRI, Lubuklinggau di Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau TIimur I, disegel, Rabu (25/9/2019). Bayu Silmed
in

Mahasiswa Gelar Aksi, Gerbang Kampus Disegel

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Rabu (25/9/2019) mahasiswa Lubuklinggau menggelar aksi unjuk raksa menuntut beberapa poin terutama terkait Pengesahan revisi UU KPK dan RKUHP.

Pantauan Silampari Media di lapangan mahasiswa mulai bergerak sekira pukul 09.00 WIB. Dimulai dari gedung STKIP Lubuklinggau, kemudian menjemput mahasiswa Universitas Mura, dilanjutkan menjemput mahasiswa Universitas Bina Insan dan kemudian lanjut lagi dititik kumpul Taman Olahraga Silampari (TOS) Lubuklinggau, sebelum melanjutkan ke rute selanjutnya yaitu mahasiswa akan menuju Simpang RCA untuk melakukan orasi singkat dan akan dilanjutkan menuju kantor DPRD Kota Lubuklinggau.

Aksi unjuk rasa mahasiswa, saat menjemput rekan-rekannya di Universitas Bina Insan. Bayu Silmed

Selain itu nampak pula spanduk-spanduk yang dipajang di depan gerbang pintu kampus yang menyatakan “mari kosongkan kelas” dan “perkuliahan dialihkan ke jalan”.

Mahasiswa peserta aksi yang tergabung dari empat perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau tersebut diperkirakan mencapai ribuan dan masih bertambah lagi seiring digelorakannya #petanangmemanggil.

Mahasiswa saat berkumpul di Gedung TOS Lubuklinggau. Foto : Bayu Silmed

Dari keterangan peserta demonstrasi ada beberapa tuntutan mereka diantaranya

1. Menolak RKUHP, UU KPK yang baru sebagai kepentingan elit politik.

2. Menuntut DPRD Kota Lubuklinggau mendorong DPRI – RI membatalkan Revisi KUHP yang mengarah kepada pengkebiran demokrasi, campur tangan urusan privat warga negara, dan diskriminasi hak perempuan.

3. Menuntut DPRD Kota Lubuklinggau untuk menyuarakan percepatan judical review RUU KPK ke Mahkamah Konstitusi.

4. Menuntut DPRD Kota Lubuklinggau untuk menjalankan kewajibannya sebagai wadah aspirasi Rakyat Lubuklinggau.

Saat ini para peserta demonstrasi masih mengumpulkan masa di TOS Lubuklinggau.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Batal Nikah, Pria Ini menyesal Mencuri Motor di Masjid

Sedikitnya Tiga Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemahasiswaan Ikuti Aksi Damai