in

Lima Desa Dapat KWH Gratis, Dua Desa Dialiri Listrik PLN

MUSIRAWAS,Silmed.id – Sebanyak lima desa diwilayah ulu musi mendapatkan KWH gratis dari PLN, sedangkan dua desa harus bayar. Demikian disampaikan Kepala PU CKTR Ristanto Wahyudi, kepada Silampari Media, Selasa (5/11/2019).

“Selama ini, lima desa yakni Desa Sungai Bunut, Sungai Naik, Pangkalan Tarum, Gunung Kembang Lama dan Gunung Kembang Baru, dialiri listrik oleh PT Medco, sedangkan Desa Mekar Jaya dan Kembang Tanjung belum sama sekali dialiri listrik, sekarang lima desa beralih ke listrik PLN dan dua desanya juga dialiri listrik PLN,” kata Ristanto.

Lanjut dia, Desa Kembang Tanjung dan Mekar Jaya selama ini tidak dialiri listrik Medco, hal itu dikarenakan keterbatas generator. Sebab dua desa tersebut berada diujung jaringan.

“Desa Mekar Jaya dan Kembang Tanjung sudah disepakati dialiri listrik PLN, seluruh proses sudah dilalui seperti penyerahan jaringan ke PLN dan SLO,” ungkapnya.

Dikatakannya, lima desa mendapatkan KWH gratis, karena konvensasi dari pihak Medco. Sedangkan dua desa bayar sendiri, karena tidak masuk dalam program Medco.

” Mekar Jaya sudah menyalah, sedangkan Desa Kembang Tanjung masih komisigoning. Hal itu kebijakan PLN Lahat,” paparnya.

Data yang berhasil dihimpun dilapangan, Desa Kembang Tanjung sudah lama dibangun jaringan listrik oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, namun tak kunjung dialiri listrik.

Jaringan listrik disana sudah banyak hilang, karena terlalu lama tidak dialiri listrik. Untuk dialiri listrik, warga sudah berulang kali melakukan gotong royong tebas bayang.

PENULIS : Dedi Ariyanto

SMK Negeri 3 Lubuklinggau Terus Kembangkan Kerjasama Luar Negeri

10 Pj Kades Dilantik