Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Muratara, Ny Lia Mustika, saat menghadiri Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Kabupaten Muratara.
in

Lia Mustika : Masyarakat Cenderung gunakan Produk Instan

MURATARA, Silmed.id – Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Muratara, Ny Lia Mustika minta masyarakat memanfaatkan potensi ikan lokal menjadi produk panganan bergizi.

Menurutnya, diperlukan ragam inovasi untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya konsumsi ikan, karena saat ini masyarakat lebih cenderung menggunakan produk instan dan siap saji.

“Kebanyakan ibu-ibu sekarang maunya serba praktis, seperti memberikan makanan bubur instan ke Balita. Apo salahnya membuat sendiri, tapi inilah kondisi yang ada sekarang masyarakat kita lebih cenderung mau yang praktis-praktis saja,”kata Ny Lia Mustika Syarif, saat mengikuti Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (7/10/2019).

Dia mengungkapkan, LMSI yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, merupakan bentuk sosialisasi untuk memancing animo masyarakat mengkonsumsi ikan.

Ikan merupakan sumber protein untuk menghindari Stunting, yang merupakan cacat bawaan hamil disebabkan saat hamil mengkonsumsi makanan yang kurang gizi.

“Di wilayah kita sangat banyak potensi ikan yang bisa dikembangkan, seperti presto ikan, kelempang ikan dan lainnya. Harus ada inovasi supaya potensi ikan itu bisa dimanfaatkan,” bebernya.

Sementara itu, Sekda Muratara Alwi Roham mengungkapkan, pentingnya mangkonsumsi ikan karena bagus untuk perkembangan anak, baik fisik maupun mental. Karena ikan banyak mengandung protein, vitamin omega serta kandungan nutrisi lainnya.

“Kita harap produk olahan ikan terus dikembangkan, supaya banyak warga yang semakin berminat untuk mengkonsumsi ikan,” bebernya.

‎Sementara itu, Kepala Disnakan Kabupaten Muratara, Suhardiman menungkapkan tujuan kegiatan LMSI untuk mensosialisasikan gerakan nasional memasyarakatkan gemar makan ikan.

“Selanjutnya untuk meningkatkan konsumsi makan ikan khususnya di Kabupaten Muratara, selain itu pula kegiatan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat pentingnya konsumsi ikan guna menunjang gizi masyarakat,” tutupnya.

PENULIS : Adi Hidayat
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Membawa Senpi Saat Menagih Hutang, Tiga Pria Ini Diborgol

Tokoh Pemekaran Ikut Pilkada Muratara