in

Lahat dan Empat Lawang Banjir, Mura Siaga Bencana

MUSIRAWAS,Silmed.id – Naiknya debit air sungai Musi di kabupaten tetangga, Kabupaten Musi Rawas siaga bencana banjir.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas, Paisol melalui Kasi Daruratan dan Logistik Eko Sefriwan mengatakan, berdasarkan pantauan di lapangan, hingga kini Kabupaten Musi Rawas belum terjadi banjir.

Namun sambung Eko, satu hingga dua hari kedepan, Musi Rawas diprediksi akan terjadi banjir karena luapan air sungai musi dari Kabupaten Lahat dan Empat Lawan.

“Dihulu sungai musi sudah terjadi banjir, jadi kita yang berada dihilir waspada akan banjir luapan air sungai kiriman,”kata Eko kepada Silampari Media, Kamis (09/01/2020).

Diwaktu yang bersamaan, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura), TNI dan Polri, mengelar apel kesiapsiagaan penangulangan bencana alam. Apel dilaksanakan di Halaman Mapolres Musi Rawas.

Dalam apel turut dihadiri oleh Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, Dandim 0406 Letkol Inf Aan Setiawan, Jajaran TNI-Polri, Pejabat Pemkab Musi Rawas serta Instansi terkait, bertindak sebagai pembina apel, Bupati Musi Rawas yang diwakili oleh Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, pemeriksaan pasukan dilanjutkan pengecekan alat penanggulangan bencana.

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti menyampaikan, kegiatan apel siaga bencana ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota yang bertugas untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin akan terjadi. Baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana, serta dukungan logistik ataupun lainnya.

“Penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas Pemda, TNI-Polri, SAR maupun instansi terkait, namun kita semua harus menyadari bahwa tanggap bencana merupakan panggilan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab kita bersama selaku masyarakat musi rawas,” kata Wabup.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Ketangkap Tangan Mencuri Buah Sawit, Suwandi Lubuk Pandan Diamankan Polisi

Yuk Reservasi Paket Dinner Imlek 2020 Bersama Smart Hotel