in

Kota Lubuklinggau Sudah Siap New Normal

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Terhitung 1 Juni 2020, Kota Lubuklinggau menerapkan Road To New Normal, fasilitas publik yang pertama kali dibuka yakni tempat ibadah.

Dalam road to new normal tersebut, Pemerintah Kota Lubuklinggau fokus mematangkdan kesiapan-kesiapan protokol kesehatan dan SDM serta sarana dan prasarana terkait penanganan Covid 19.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan bahwa terdapat tujuh faktor yang harus dimatangkan untuk penerapan New Normal di Lubuklinggau.

Diantaranya, tingkat kesadaran masyarakatnya tinggi untuk benar-benar sudah atau mau melakukan protokol kesehatan, salah satunya sisi kebiasaan pakai masker. Berkaitan dengan SDM tenaga medis, ini terukur apabila suatu daerah tersebut sudah banyak menangani kasus Covid-19,  dan Lubuklinggau 75 kasus konfirmasi dan ratusan orang OTG dan ODP.

Sarana prasarana kesehatan yang ada seperti APD, kesiapan ruang-ruang isolasi serta Labor untuk analisa swab kemudian ketersedian rumah-rumah sehat. Adanya sektor-sektor publik dan tempat-tempat ibadah yang sudah mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatannya.

Sudah melakukan pengambilan sampel di masyarakat baik melalui swab ataupun rapid test. Di Lubuklinggau sudah 400
orang  diswab dan 1.276 orang di rapid tes. Kasus meninggal karena Covid19 sedikit dan Lubuklinggau nol dan kasus yang sembuh sudah  banyak, sampai Sabtu (06/06/2020) sudah 45 orang sembuh. Bahkan pasien yang  belum sembuh pun  dalam keadaan sehat semua. Sementara beberapa hari terakhir tidak ada penambahan positif.

Adanya sosialisasi dan penegakan disiplin secara optimal oleh para petugas ( Polisi,  TNI, dan Pol PP) dan di Lubuklinggau sudah dari 2,5 bulan ini terus bersinergi melakukan hal tersebut.

“Inti paling utama apakah masyarakatnya sudah memahami protokol kesehatan, sarana prasarananya tersedia dan tenaga medis nya siap menaganganinya, itu yang harus diperhatikan untuk New Normal,” tegas Walikota.

PENULIS : Putri Rianita

Kapolda Apresiasi Forkopimda Lubuklinggau Dalam Tangani Covid-19

Objek Wisata Air Temam Dibuka, Pengunjung Masih Sepi