in

Koalisi Anti Korupsi Gruduk Kantor DPMD

MUSIRAWAS,Silmed.id – Puluhan orang yang mengatasanamakan koalisi anti korupsi, Kamis (7/11/2019) mengelar aksi demo di depan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kedatangan mereka untuk menanyakan anggaran pengelolaan desa yang dilakukan DPMD, mareka menanyakan keterbukaaan informasi public tentang penggunaan dana desa yang diketahui DPMD, mempertanyakan Liga Nusantara yang diadakan oleh DPMD, menanyakan tujuan dibentuknya praregal desa dan fungsinya.

Setelah melakukan aksi selama 30 menit, para pendemo diterima oleh Kepala Bidang Fasilitasi Perancangan dan Pengelolaan Keuangan Desa, Andrianto Aditama. Dia mengajak para pendemo untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara beraudensi .

“Karena Kepala Dinas lagi menghadiri pelantikan pejabat kades (PJ), maka silahkan sampaikan aspirasi teman-teman kepada saya,” kata Andrianto

Audiensi yang diadakan di Aula DPMD itu, para pendemo mencecar beberapa pertanyaan kepada Andrianto, salah satunya adalah menanyakan tujuan diadakannya praregal, sebab menurut koorditaor aksi, Zainuri pralegal sudah di hapus oleh Makamah Agung. Selain itu, Andrianto juga dicecar mengenai Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) penggunaan dana desa.

“ Kami juga meminta kejelasan tentang Liga Nusantara. Kok bisa DPMD yang mengadakan, bukanya urusan olahraga dibidangi oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora),”kata Zainuri.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Fasilitasi Perancangan dan Pengelolaan Keuangan Desa, Andrianto Aditama mengatakan, jika pralegal sendiri dibentuk untuk menyelesaikan masalah yang ada didesa, sedangkanuntuk penggunaan dana desa DPMD sendiri meminta laporan realisasi ke desa.

“Untuk SPJ sendiri kita tidak memegangnya, namun untuk laporan realisasinya kita ada, lagian juga itu merupakan arsip negara, jadi kita tidak bisa memberikannya,”ungkapnya.

Lantaran tidak puas dengan jawaban Kepala Bidang Fasilitasi Perancangan dan Pengelolaan Keuangan Desa, Andrianto Aditama, para pendemo memutuskan untuk keluar dan menunggu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

PENULIS : Sutrisnak
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Minta Pembangunan Lebih Merata

Kursus Mengemudi di Jimmy Dijamin Langsung Mahir