Proses pemilihan BPD di Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi. Foto Dedi Silmed.
in

Ketua Panitia Pemilihan BPD Menghilang

MUSIRAWAS, Silmed.id – Setelah pelaksanaan pemilihan BPD, ketua panitia pelaksana pemilihan BPD Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi menghilang.

“Pada 20 Oktober 2019, desa kami melaksanakan pemilihan BPD. Saya sudah curiga adanya indikasi kecurangan, sebab warga yang mencoblos tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Buston kepada Silampari Media, Kamis (24/10/2019).

Ketika melakukan penghitungan suara, dirinya meminta kepada panitia salinan DPT dan daftar hadir warga yang mencoblos.

“Ketika saya minta daftar DPT, panitia bilang akan diberikan setelah penghitungan suara, saya minta daftar hadir dan salinan DPT, dikarenakan warga yang mencoblos kebanyakan warga dari luar, saya sendiri tidak kenal dengan mareka,” paparnya.

Setelah tahapan penghitungan suara selesai semua, sambung dia,pihaknya kembali meminta dokumen yang sudah dijanjikan serta berita acara hasil penghitungan suara.

“Panitia atasnama Bondan menyuruh saya meminta dokumen tersebut ke sekretaris, lalu saya menemui sekretaris, kata sekretaris dokumen tersebut sudah diambil oleh ketua panitia,” ceritanya.

Selanjutnya, hingga kini ketua panitia pelaksana pemilihan BPD tidak ditemukan, informasi terakhir bahwa dokumen tersebut disimpan di Mapolsek Muara Kelingi, namun setelah dikroscek dokumen juga tidak ada.

“Panitia pemilihan BPD Karya Teladan, tidak bertangung jawab atas pelaksanaan pemilihan BPD. Saya menduga pemilihan ada kecurangan, untuk memastikan pesta demokrasi berjalan sesuai harapan, saya berkoordinasi dengan DPMD, namun kembali dilempar ke panitia,” ucapnya.

Terpisah, Kepala DPMD Musi Rawas Ahmadi Zulkarnain mengatakan, bagi peserta calon BPD yang ada keberatan, silakan mengadu ke panitia pelaksana.

“Inikan masih ranah panitia, silakan bermusyawarah untuk mencari selusinya,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

2.300 Anak PAUD dan TK Ikut Manasik Haji

Seluruh Warga Boleh Ikut Tes CPNS di Musi Rawas