Calon anggota BPD Kabupaten Musi Rawas saat mengikuti tes kejiwaan. Foto : Dedi Silmed
in

Keterangan Sehat Jiwa Tak Mencantumkan Lulus

MUSIRAWAS, Silmed.id – Keluarnya hasil keterangan sehat, dari rumah sakit jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang. Membuat bingung para bakal calon (Balon) BPD), pasalnya didalam keterangan tidak mencantumkan lulus atau tidak lulus.

” Kami dibuat bingung hasil pemeriksaan kejiwaan dari RSJ Ernaldi Bahar, sebab tidak mencantumkan lulus atau tidaknya pemeriksaan kesehatan,” kata Ali (35) BTS Ulu kepada Silampari Media, Minggu (8/9/2019)

Menurut Ali, diketerangan hasil pemeriksaan kesehatan dirinya, semuanya sehat, begitu juga pada kesimpulan, semuanya sehat dan tidak ada rekomendasi.

” Punya saya bagus semua, namun saya sendiri masih bingung, karena tidak mencantumkan keterangan lulus. Selain itu banyak teman-teman saya yang bertanya terkait hal tersebut,” ujarnya

Terpisah, Sekretaris ABPEDNAS Sumsel Afdol Sarjani mengatakan, memeng surat keterangan kesehatan dari RSJ Ernaldi Bahar, tidak mencantumkan kata-kata lulus atau tidak lulus, tapi ada rekomendasi didalam surat yakni pada kesimpulan.

“Panitia yang nilainya, apakah orang tersebut layak atau tidak mencalonkan BPD, atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas dia.

Dilain pihak, Kabid Pembinaan Pemerintah Desa dan Kelurahan Rian Pratama mengatakan, untuk hasil cek kesehatan jiwa sepenuhnya kewenangan RSJ.

“Bahasanya pun kita sulit paham, sebab itu bahasa psikolog, yang bisa menjelaskan juga psikolog. Jika hendak menanyakan lulus atau tidak, mareka yang dapat menjelaskan,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Mr X Adalah Ruslan

SAD Tidak Mendapatkan Bantuan Non Tunai