in

Kemenag Lubuklinggau Sayangkan, Saat Pandemi, 15 Masjid Tetap Laksanakan Tarawih

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Ditengah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, berdasarkan catatan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Lubuklinggau, hingga saat ini masih ada 15 masjid yang melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid.

Kepala Kemenag Kota Lubuklinggau, H Azhari Rahardi kepada Silampari Media, pada Selasa (28/04/2020) sangat menyayangkan hal tersebut, padahal ia mengaku seluruh masyarakat dan ormas-ormas islam semuanya sudah diberikan edaran.

“Untuk sekarang alhamdulillah sudah berkurang, tapi kurang lebih masih 15 masjid lagi terutama yang berada di pingiran melaksanakan shalat berjamaah di masjid,” ujarnya Selasa (28/04/2020).

Ia menjelaskan, jika orang yang mengerti tentang fatwa, ketika fatwa keluar tidak akan ragu untuk melaksanakan fatwa itu. Namun permasalahan di lapangan kadang kala orang tidak mau mengerti.

“Orang tidak mengerti fatwa seolah-olah merasa benar sendiri. Karena orang yang mengeluarkan fatwa itu adalah orang ahli seperti ahli mantik, tafsir, fuqaha, nahu, shorof, seluruhnya bukan tiba-tiba fatwa itu keluar,” paparnya.

Ia menuturkan, fungsi dikeluarkanya fatwa itu oleh para ulama tak lain untuk memutus mata rantai virus Covid-19 ini, sebab semua pihak saat ini berharap satu dua bulan ini pandemi Covid-19 cepat selesai.

“Dulu orang mengatakan Lubuklinggau ini masih hijau, ah tidak mungkin, tapi nyatanya merah, saya menekankan bahwa salat berjamaah lebih baik di rumah saja,” jelasnya.

Untuk itu, Ia pun mengimbau kepada pengurus masjid di Lubuklinggau fatuhilah fatwa ini, artinya bukan melarang tapi hanya mengalihkan salat berjamaah di masjid dan diminta berjamaah di rumah.

“Karena jika selesai kita bisa kumpul kembali (salat di masjid) dari pada kita berlarut-larut, menular sana menular sini,” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita

Gara-gara Proyek DD, Ketua BPD Kena Bacok dan Dua Luka Berat

Pemkot Lubuklinggau Bagikan 1.747 Sembako Tahap II