in

Kemenag Linggau Pastikan Jamaah Haji Gagal Berangkat

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau Azhari Rahardi, memastikan jemaah Haji Kota Lubuklinggau tahun 2020 akan dibatalkan kepergiannya dan akan diberangkatkan kembali pada tahun 2021.

Keputusan pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini pastinya bukan dilakukan secara sepihak, tetapi sudah dilakukan Kemenag RI dengan pemikiran yang mendalam dan berdiskusi dengan berbagai pihak.

“Apalagi di tengah pandemi, pemerintah khususnya Kementerian Agama RI sangat memperhatikan kesehatan jamaah haji,” kata Azhari Rahardi kepada Silampari Media, pada Kamis (04/06/2020).

Azhari mengatakan pihaknya memaklumi pasti ada kekecewaan yang dirasakan oleh jamaah haji. Tetapi, ini adalah keputusan yang terbaik bagi kesehatan orang banyak. Ia pun meminta agar jamaah haji di Kota Lubuklinggau untuk memaklumi keputusan ini.

Selain Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jamaah haji dari negara manapun karena pandemi belum usai, pastinya apabila jamaah tetap diberangkatkan maka mereka harus mengikuti protokol Covid-19.

“Tentu pastinya calon jamaah tiba di Palembang mereka harus menjalani karantina selama 14 hari, dan tiba di Arab saudi juga mereka akan dikarantina selama 14 sudah berapa hari waktu digunakan untuk karantina, sementara proses haji butuh waktu 40 hari,” jelasnya.

Menurut Azhari setelah calon jamaah menjalani karantina, sisa waktu tinggal 12 hari lagi, apakah waktu yang singkat tersebut cukup selama menjalani proses ibadah haji, oleh karena Pemerintah sudah memikirkan hal tersebut dengan matang.

Selain itu, ia juga menjelaskan keberangkatan ini bukan dibatalkan tetapi ditunda, dan ia memastikan walaupun keberangkatan jamaah haji tahun ini dibatalkan, tetapi jamaah haji tersebut secara otomatis akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun depan 1442H/2021M.

Semoga harapnya, di 2021 nanti tidak ada halangan, dan pandemi Covid-19 sudah usai, sehingga calon jamaah haji bisa berangkat ke tanah suci.

“Saya mengimbau kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kesehatan, jaga pola makan, jaga pola hidup, semoga Allah memberikan umur yang panjang sehingga jamaah haji Lubuklinggau tahun ini dapat diberangkatkan di tahun depan,” tuturnya.

Meski ditunda sambung ia, dari 215 calon jamaah haji tahun 2020 ini, hingga saat ini belum ada yang membatalkan atau cancel keberangkatannya.

Nanti pihaknya pada tahun depan akan melihat kuota apakah kuotanya cukup dengan calon jamaah haji tahun 2021, dan kalau memang kuota mencukupi calon jemaah haji tahun 2020 dan 2021 mereka akan menjalankan ibadah bersamaan.

“Tapi kita lihat kuotanya dulu, dan yang pasti yang diutamakan yang tahun 2020 sekarang,” tutupnya.

PENULIS : Putri Rianita

8.321 Warga Menerima BST

Terakhir Distribusi Sembako Tahap Tiga di Dua Kecamatan