Sejumlah sawah di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya terancam panen karena tidak turunnya hujan yang mengakibatkan kekeringan. Foto : Hengki Silmed
in

Kekeringan, Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

MURATARA, Silmed.id – Kemarau yang melanda di Wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), membuat banyak masyarakat mengeluh, Minggu (04/08/2019). Hal ini dikarenakan tidak turunya hujan dalam satu bulan terakhir.

Begitu juga dengan Petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya. Pasalnya puluhan hektar hamparan sawah milik masyarakat yang baru berumur 1-2 bulan usia tanaman padi sawah terdampak kekeringan.

Kondisi itu, selain membuat tanah yang retak-retak, juga berpengaruh pada tanaman padi terserang penyakit kuning daun dan serangan hama.

Hal itu, seperti cerita salah seorang petani, Ana (42) warga setempat bahwa kekeringan yang melanda persawahan masyarakat karena kurang lancarnya aliran irigasi.

“Terutama di kampung 6, hamparan sawah milik warga mayoritas kekeringan dan mulai terserang penyakit,” katanya.

Diceritakanya, bahwa umur padi dari masa tanam baru sekitar 6 minggu dan masih tergolong muda.

“Sehingga rumpun padi selain rentan terkena penyakut juga musuh pertumbuhan. Namun sayang kekurangan air,”ucapnya.

Serupa yang dikatakan oleh, Moril (35) menceritakan jika dalam dua pekan mendatang juga tidak turun hujan. Diperidiksi banyak petani terancam gagal panen.

“Hal ini karena faktor kekeringan dan penyakit padi yang banyak timbul saat musim kemarau,” jelasnya.

Dilanjutkanya, bahwa sejauh ini petani masih kebingungan mengatasi kekeringan dan belum adanya solusi dari dinas terkait.

“Kami harapkan semoga dalam 1 pekan ini turun hujan. Karena lahan persawahan milik warga sudah kekeringan,”pungkasnya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

400 Paket Sembako Dibagikan

Stop Membuang Sampah Sembarangan