Camat Sukakarya ,M Setiawan bersama sekertaris Kuarcab Kabupaten Musi Rawas, Edi Siswanto dan para tamu undangan saat peringatan hari Pramuka ke-58, Rabu (14/8/2019). foto: Sutrisnak Silmed
in

Kecamatan Sukakarya Peringati Hari Pramuka ke-58

MUSIRAWAS, Silmed.id – Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 yang diadakan di Lapangan Budi Utomo, Rabu (14/8/2019) ditingkat Kuartir ranting Kecamatan Sukakarya berlangsung khidmat.

Camat Sukakarya ,M Setiawan bertindak selaku pembina upacara mengamanatkan bahwasanya pada hari ini, segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi kita saat ini genap berusia 58 Tahun.

Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Kepanduan di Indonesia berusia jauh lebih tua dari Gerakan Pramuka, tetapi peringatan Hari Pramukaadalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam satu wadah tunggal gerakan Pramuka.

“Jadi tema yang diangkat pada peringatan HUT Pramuka tahun ini adalah segenap komponen bangsa, gerakan Pramuka siap sedia membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”kata Camat saat membacakan amanat Kuartir Nasional.

Lebih lanjut ia mengatakan jika Tema itu hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia.

“Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka agar kiranya Kakak-kakak dan adik-adik dapat diperhatikan hal-hal seperti merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme danTerorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini,”jelasnya.

Oleh karena itu,sambung camat pada kesempatan ini, ia mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioner dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes). Selain itu,ia juga meminta kepada pramuka agar melakukan perang nyata terhadap sampah pelastik.

“Bahkan saat ini seragam Pramuka belum standar, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya. Jadi saya harap kedepannya hal-hal itu bisa diperbaiki,”pungkasnya.

PENULIS : Sutrisnak
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

50 Regu Ikuti Lomba Gerak Jalan Tingkat SMP

ASN Wajib Hadir Upacara HUT RI