Kebakaran yang terjadi di RT 06 Kelurahan Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir menghanguskan empat rumah, pada Jum'at (9/8/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. Foto : ist
in

Kebakaran Hanguskan Empat Rumah, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Tiga Orang Mengalami Luka Bakar

MURATARA, Silmed.id – Kebakaran besar hebat terjadi di RT 06 Kelurahan Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara, pada Jum’at (9/8/2019) sekitar pukul 20.00 WIB.

Empat rumah berkontruksi kayu ludes diamuk Si Jago Merah. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Api begitu cepat meluluhlantakkan bangunan rumah ditambah kuatnya hembusan angin, sehingga barang berharga yang ada di dalam rumah tidak sempat untuk diselamatkan.

Berdasarkan keterangan warga setempat, Andri Taufik (43), kepulan asap serta kobaran api semula muncul dari salah satu rumah korban, yakni Stoni. Api kemudian menjalar ke tiga rumah lain yang letaknya berdekatan, yaitu milik Lukman, Wantola dan Dom Masamah.

“Kami berupaya memadamkan api, namun api terus membakar rumah lain, bahkan terdengar bunyi ledakan beberapa kali. Barang-barang tak sempat diselamatkan,” katanya kepada Silampari Media.

Setelah setengah jam api berkobar, datang dua unit mobil tangki air dari PT Lonsum Bukit Hijau, membantu memadamkan api dengan melakukan penyiraman ke atap rumah milik As Anot dan Rolis. Saat kobaran api sudah mulai mengecil menyusul satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT Sele Raya Merangin Dua.

“Api berhasil dijinakkan setelah tiga unit mobil milik perusahan didatangkan ke lokasi kejadian. Setelah sekitar satu setengah jam kemudian api pun padam,” terang Andri.

Empat unit rumah rata dengan tanah. Hanya tersisa puing-puing bangunan yang telah menjadi arang.

Kapolsek Rawas Ilir, Iptu Afrinaldi mengatakan, hasil penyelidikan sementara oleh kepolisian, kebakaran diduga berasal dari rumah milik Lukman yang berjualan minyak dan tabung gas LPG.

“Penyebabnya masih kita selidiki terlebih dahulu. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah,” kata Afrinaldi.

Mantan Kapolsek Lubuklinggau Selatan ini menambahkan, tindakan yang dilakukan adalah mengumpulkan keterangan saksi dan membuat laporan polisi dengan nomor, LP/A-08/VIII/2019/Sumsel/Mura/Sek Rawas Ilir tanggal 9 Agustus 2019.

“Terdapat tiga orang yang mengalami luka bakar yakni Lukman, Ida dan Aang. Karena luka bakar yang dideritanya cukup besar maka Lukman dirujuk ke rumah sakit di Kota Lubuklinggau, sedangkan dua orang lainnya dirawat di Puskesmas Rawas Ilir,” pungkasnya.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Pedagang dan Pembeli Keluhkan Sampah Menumpuk di Pasar Simpang Periuk

Prajurit TNI Kodim 0403/OKU Ungsikan Ratusan Warga Tegal Arum