PAPARAN. Kapolres Musi rawas AKBP Suhendro saat memaparkan pembanguan ZI-WBK di hadapan Tim KemenPANRB, Jakarta, Kamis (1/8/2019). Foto: IST
in

Kapolres Musi Rawas Paparkan Pembangunan ZI-WB ke KemenPANRB

MUSIRAWAS, Silmed.id – Dalam rangka menyongsong predikat Zona Integritas (ZI) Kepolisian Republik Indonesia menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Bebas dari Korupsi Bersih dan Melayani (WBBM), Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melakukan pemaparan terkait kegiatan pembangunan kepada TiM Kementrian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Jakarta, Kamis (1/8/2019) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Kemang Jakarta ini Kapolres Musi Rawas memaparkan terkait inovasi-inovasi yang dilakukan oleh jajaran Polres Musi Rawas dalam meningkatkan pelayanan publik seperti pelayanan pembuatan SKCK, SIM, dan lain-lainnya.

“Pemaparannya lebih kepada bagaimana kesiapan Polres Musi Rawas dalam rangka membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK),” ujar AKBP Suhendro kepada Silampari Media, Senin (5/8/2019).

Selain itu, dipaparkan juga mengenai pelayanan petugas Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Karena petugas yang menjadi ujung tombak Polri ini yang langsung bersentuhan, berinteraksi dengan masyarakat.

“Polres Musi Rawas¬† memaparkan bagaimana peran dan fungsi Bhabinkamtibmas terutama pelayanannya pada wilayah pedalaman dan pedesaan yang jauh dari kota,” kata Kapolres.

Selain Polres Musi Rawas, paparan ini juga diikuti empat Polres lainnya di lingkungan Polda Sumsel, yaitu Polres Musi Banyuasin, Polres Muara Enim, Polres Lubuklinggau dan Polres Ogan Ilir.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Zona Integritas dinilai sebagai miniatur dari implementasi Reformasi Birokrasi dan ditujukan agar capaian Reformasi Birokrasi guna mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dan akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik yang baik mampu diwujudkan.

KemenPANRB sebelumnya telah memberikan predikat WBK/WBBM di sejumlah jajaran satuan kerja Polri.

Menpan-RB Komjen Pol Syafruddin mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kementerian PANRB terhadap unit kerja yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

“Dengan pemberian penghargaan ini diharapkan semakin banyaknya unit kerja berpredikat WBK/WBBM lainnya yang mampu menumbuhkembangkan budaya kerja birokrasi yang bermuara pada terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel,” kata Syafruddin. (ok)

PENULIS: Dodi Chandra

 

Silampari Choir Raih Predikat Silver di Singapura

Pendiri PPS Talago Biru Serahkan Sabuk dan Piagam pada 20 Pesilat