Pres rilis oleh Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri terkait penemuan ladang ganja di Kabupatyen Muratara, Sabtu (3/8/2019). Foto : Trisna Silmed
in , ,

Kapolda Targetkan Sumsel Bebas Narkoba

MUSI RAWAS, Silmed.id – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Firli Bahuri memimpin Press Release atas penemuan ladang ganja diperbatasan antara Bukit Cermin Desa Sukarja dan Desa Lubuk kumbung, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sabtu (3/8/2019).

Direktorat narkoba Polda Sumsel yang diback-up personil dari Polres Musi Rawas, Polres Lubuklinggau dan Brimob Polda Sumsel batalyon B Pelopor pada hari Kamis (01/08/2019) berhasil menemukan dua lokasi ladang ganja siap panen.

“Di bukit cermin Anggita gabungan berhasil menemukan 3000 Batang ganja siap panen yang di tanam dilahan seluas 1hektar.Sedangkan di lokasi kedua yaitu diDesa Lubuk Kumbung Anggota juga berhasil menemukan 700 Batang ganja yang ditanam di lahan seluas 1/2 hektar,” kata Kapolda Sumsel.

Selanjutnya,Kata Kapolda seluruh Batang ganja yang ada langsung dicabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar.
“Sekitar 150 Batang kita bawa ke Polda Sumsel untuk kepentingan lebih lanjut,”jelasnya.

Ia mengatakan dengan ditemukannya ladang ganja siap panen ini, polisi berhasil menyelamatkan sebanyak 925 ribu orang.

“Dengan kalkulasi Barang Bukti (BB) yang diamankan sebanyak 3700 Batang. Jika satu pohon menghasilkan 50 gram, maka 1 gram sendri bisa menyelamatkan 5 orang,” jelasnya lagi.

Dengan adanya pengungkapan kasus ini, sambung Kapolda pihaknya menyimpulkan bahwa wilayah Sumsel menjadi perhatiannya.

“Kita targetkan Sumsel bebas narkoba,”ujarnya.
Sementara itu, Arpandi (45) warga Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Sebab waktu akan ditangkap, Arpandi tidak ada di rumah. Tetapi anggota berhasil mengamankan Febry Wikandika ,Rusnadi Saling, Beny dan Sukri. Ke empat orang ini di tangkap lantaran diduga akan memakai ganja di kediaman Arpandi,”ungkapnya.

Press Release yang dilaksanakan di Gedung Pesat Gatra Polres Musi Rawas, Sabtu (03/08/2019) dihadiri oleh Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono, Dandim 0406 MLM Letkol Inf M. A’an Setiawan, Bupati Musi Rawas Utara HM Syarif Hidayat, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuk linggau.

Ditempat yang sama, Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muaratara) mengatakan jika Pemkab Muratara sudah menyiapkannya lahan untuk Badan Narkotika Kabupaten (BNK) serta menyiapkan lahan untuk pembuatan Polres.

“Untuk lahan Polres, tanah sudah kita hibahkan ke Polri untuk di bangun. Sedangkan untuk kantor BNK sudah kita urus juga, termasuk klinik untuk merehabilitasi pecandu,”tutupnya.

PENULIS : Sutrisnak

EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Lengkap… Tonton Video Temuan Ganja di Karang Jaya – Muratara

Ini Jadwal Tes Kejiwaan BPD