AJK saat mengelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati Musi Rawas. Foto Trisnak Silmed.
in

Kantor Bupati Didemo, Minta 363 Tender Proyek Diaudit

MUSIRAWAS, Silmed. id – Puluhan warga yang mengatasnamakan Aliansi Jasa Konstruksi (AJK) mengelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Musi Rawas, Rabu (9/10/2019).

Para pendemo meminta kejelasan tentang pelaksanaan tender pekerjaan yang dilaksanakan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Musi Rawas, yang diduga kuat dan terindikasi adanya pelanggaran oleh pihak panitia lelang, seperti pembukaan dan peningkatan Jalan Desa Muara Nilau serta akses Dusun Sri Pengantin.

Setelah melakukan aksi selama setengah jam, perwakilan pendemo diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Musi Rawas EC Priskodesi, untuk berdialog di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab Mura.

Menurut koordinator aksi Fahrul Rozi menyampaikan, pihaknya meminta agar Pemkab Mura segera membentuk tim audit forensik, untuk mengaudit proyek yang ada di Mura.

“Tujuan kita kesini untuk meminta agar Pemkab Mura membentuk tim untuk mengawasi kegiatan tender pekerjaan yang dilakukan ULP. Selain itu juga kami meminta 363 tender yang ada untuk segera diaudit,”kata Fahrul Rozi saat dibincangi Silampari Media.

Lanjut dia, pihaknya belum menerima sanggahan yang diberikan oleh ULP, tentang proyek yang diklaim dimenangkan oleh CV Sinar Beliti.

“Oleh karena itu, kami sengaja datang kesini menanyakan langsung. Sebab kami menilai ada kejanggalan saat pelaksanaan lelang, “jelasnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Musi Rawas Saiful Ibna mengatakan, bahwasanya semua tender yang dilakukan sudah sesuai tahapan.

“Semuanya terbuka untuk umum dan siapa saja boleh ikut menawar. Perlu diketahui jika CV Sinar Beliti sendiri, belum ditetapkan sebagai pemenang lelang,”kata Saiful Ibna.

Menurut dia, CV yang menawar dengan harga murah belum tentu menjadi orang lelang.
“Kami siap jika diperiksa oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Sebab kami melaksanakan lelang sesuai dengan aturan yang berlaku,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Sekda Musi Rawas EC Priskodesi mengatakan, jika besok APIP akan melakukan turun mengecek proyek.” Besok APIP akan mengecekan langsung, untuk membuktikan laporan dari AJK,”pungkasnya.

PENULIS : Sutrisnak
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Inilah Isi Dua Tas Mencurigakan di Depan Kantor Telkom

Konsep Kepemimpinan Muda Untuk Pilkada Serentak 7 Kabupaten di Sumsel