PENYULUHAN : Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau memberikan penyuluhan kepada warga di Lokalisasi Patok Besi,Rabu (10/7/2019). Foto : Bayu Silmed
in

Kankemenag Berikan Penyuluhan Agama Kepada Warga di Lokalisasi

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sudah setengah tahun semenjak program penyuluhan dari Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kota Lubuklinggau menyasar Lokalisasi Patok Besi di RT. 07, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Pertemuan keenam para Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kankemenag Kota Lubuklinggau dengan para “pekerja” di Lokalisasi Rabu (10/07/2019)sekira Pukul 14.00 wib berlangsung ceria.

Para “pekerja” yang notabenenya merupakan warga luar Kota Lubuklinggau itu nampak sudah akrab dan tidak canggung lagi dengan para penyuluh.

Memeh (30) misalnya, dia sudah tidak canggung lagi untuk bertanya kepada para penyuluh terkait permasalahan agama.

“Mohon izin bertanya pak, ini kan ada niat untuk sholat tahajjud, tapi belum tau niatnya dan tata caranya, mohon ilmunya,” tanya Memeh yang membuat Ketua Pokjaluh Kemenag Kota Lubuklinggau, H Hasbi Mustofa didampingi Norawati, Mahmudan dan Heppi Gustin, serta seorang PAI Non PNS, Paino tersenyum.

“Wah bagus sekali mbak sudah ada niat seperti itu, insha allah kalau sudah ada niat mudah-mudahan bisa dilakukan dan istiqomah,” sambar Mahmudan yang kemudian menjelaskan secara rinci terkait sholat Tahajjud.

Sementara itu, dalam arahan Ketua Pokjaluh, Hasbi menyampaikan kegiatan ini untuk silaturahmi. Menurut jebolan IAIN Raden Fatah Palembang itu diantara manfaatnya untuk memperpanjang umur dan membukakan pintu-pintu rezeki.

“Kehadiran kami karena tuntutan profesi sebagai penyuluh agama Islam juga karena panggilan hati untuk berbagi ilmu antar sesama muslim. Insya Allah kehadiran kami di sini akan bernilai kebaikan yang akan menghapus keburukan yang pernah kita lakukan. Dan alhamdulillah tidak terasa sudah setengah tahun kami hadir di sini” jelas Hasbi.

Sementara itu Penyuluh Agama Fungsional (PAF), Mahmudan menyampaikan materi penyuluhan mengenai Luasnya Ampunan Allah. Pria yang selalu mengenakan kacamata ini menjelaskan secara rinci tentang luasnya ampunan sang maha kuasa bagi seorang muslim dan muslimah.

“Bahkan kita yang hari ini penuh akan dosa dan kesalahan, ketika kita bersujud memohon ampunan dari Allah swt. Allah akan penuh dengan keberkahan menyambut kita untuk kembali ke jalannya. Siapun itu apapun dosanya ketika ia bertaubat maka taubatnya akan diterima,” terangnya.

Ketua RT.07, Fran Sembiring menyampaikan ucapan terima kasih kepada para penyuluh yang giat melakukan pembinaan. Dia mengingatkan agar tidak ada kekhawatiran dari para penghuni lokalisasi akan kehadiran para penyuluh di wilayah kerjanya.

“Kehadiran para penyuluh menjadi satu modal dengan harapan kita akan mengenal lebih banyak tentang Islam. Jangan takut nanti usahanya tutup, ini hanya langkah-langkah menuju taubat, bukannya besok langsung taubat, kalau bisa langsung taubat lebih baik,” tutur Fran dalam sambutannya.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Dandim Bacakan Lima Intruksi Presiden di HUT Bhayangkara ke-73

Pilkada Serentak Digelar 23 September 2020, Ini Tahapannya!