Truck colt diesel terperosok akibat lantai jermbatan patah karena tak kuat menahan beban dari kendaraan yang sarat muatan. Foto : ist
in

Jembatan Sungai Pelipun Putus

Akibat Dilalui Truck Sarat Muatan

MURATARA, Silmed.id – Jembatan di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Muratara yang berlantaikan kayu dan terbentang diatas Sungai Pelipun putus, pada Minggu (28/7/2019) pukul 13.00 WIB setelah truck sarat muatan melaluinya.

Akibatnya, akses jalan penghubung dari Kelurahan Muara Kulam menuju ke desa Sosokan, Napalicin dan Kuto Tanjung tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Hanya kendaraan roda dua yang dapat melintas itupun harus menyebrangi Sungai Pelipun yang berada di bawah jembatan.

“Jembatan itu terbuat dari besi dan lantai kayu. Namun karena sudah dimakan usia, sehingga kayu-kayu tersebut menjadi lapuk,” ujar Dani (35) kepada Silampari Media.

Diketahui sebuah mobil Colt Diesel dengan nomor polisi BH 8074 SU yang memuat material bahan bangunan dari Kelurahan Muara Kulam hendak dihantarkan ke Desa Kuto Tanjung guna pembangunan jembatan melewati jembatan itu.

Ketika mobil berada di tengah jembatan kayu lantai jembatan patah karena tak kuat menahan beban yang terlalu berat.

“Jembatan ini adalah satu satunya akses antar desa yang berada di dalam menuju ke Ibukota Kecamatan. Akan tetapi karena kejadian ini, akitfitas warga menjadi terhambat, termasuk anak-anak yang hendak ke Sekolah, sedangkan untuk melalui jalan yang ada di bawawh jembatan terlalu berisiko,” jelasnya.

Camat Ulu Rawas, Mukhtaridi membenarkan ambruknya jembatan di Kelurahan Muara kulam. Namun saat ini jalur akses tersebut kondisinya sudah berangsur pulih, karena Pemerintah bersama masyarakat bergotong royong membuat jalan alternatif.

“Pemerintah bersama masyarakat sudah bergotong royong membuat jalur alternatif, sehingga akses menuju Kelurahan tidak lagi terhambat. Memang jembatan tersebut sudah cukup tua, sehingga Pemerintah di tahun 2019 akan membangun jembatan yang baru, tentunya jembatan permanen,” jelas Mukhtaridi.

Ia menambahkan, pembangunan Jembatan Sungai Pelipun di Muara Kulam sendiri, rencananya akan dilaksanakan seusai jembatan yang berada di Desa Kuto Tanjung selesai dikerjakan.

“Tahun ini Pemkab Muratara akan membangun delapan jembatan permanen di Kecamatan Ulu Rawas, pembangunan ini sendiri sudah mulai dilakukan mulai dari jembatan paling hujung,”pungkasnya.

PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Terkait Penanganan Masalah Hukum, ini yang Dilakukan Pemkab Musi Rawas

Insani : Tes Narkoba Syarat Menikah Harus Ada Regulasi yang Jelas