in

Jelang Lebaran, Gas Elpiji Susah Didapat

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 tidak hanya harga sembako yang mulai naik, akan tetapi gas elpiji ukuran 3 Kg juga sudah mulai sulit didapat.

Pasalnya beberapa pangkalan elpiji di Kota Lubuklinggau mengalami kekosongan gas elpiji 3 Kg.

“Sejak sekitar empat hari yang lalu saya kualahan mencari gas elpiji 3 Kg, baik di warung-warung maupun dipangkalan juga sangat sulit,” ujar Yuni (38), salah seorang warga Kelurahan Pasar Satelit Kota Lubuklinggau kepada Silampari Media, pada Rabu (20/05/2020).

Yuni mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kelangkaan tabung gas elpiji berukuran 3 kg ini. Hanya saja, saat berniat isi ulang cukup sulit untuk diperoleh.

” Kelangkaan disaat menjelang lebaran saat ini sudah umum setiap tahunnya, kelangkaan terjadi dikarenakan stok gas elpiji yang terbatas sedangkan permintaan masyarakat membludak setiap harinya, sehingga menjadikan stok elpiji langkah dipasaran,” ujar salah seorang pemilik pangkalan elpiji di Kota Lubuklinggau kepada Silampari Media.

” Stok yang kita dapatkan itu sama setiap harinya, yakni sekitar 50 tabung perhari dan tidak ada tambahan meskipun itu dihari menjelang lebaran seperti saat ini, mungkin ini yang mengakibatkan kelangkaan dan harga gas elpiji melambung,” tambahnya

Harga elpiji 3 Kg menjelang lebaran tahun 2020 ditafsir sekitar Rp30.000 – 35.000 per tabung dari harga normal Rp21.000 per tabung.

Masyarakat berharap pemerintah bisa menanggulangi kelangkaan gas elpiji terutama yang ukuran 3 Kg, hal ini dikarenakan gas elpiji salah satu kebutuhan yang tak bisa dihindarkan oleh masyarakat, sehingga keberadaannya sangatlah dibutuhkan.

PENULIS : Putri Rianita

Bupati, Kemenag dan MUI Ajak Warga Shalat Idul Fitri di Rumah

Wako dan Kapolres Tinjau Banjir Bandang