Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, penjualan hewan qurban semakin menjamur, seperti di Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit. Foto : Hengki Pransis
in

Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Mulai Menjamur

MURATARA, Silmed.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, para penjual hewan qurban musiman mulai menjamur. Seperti yang terlihat di Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.
Seperti Evi (42) warga setempat yang sudah dua tahun terakhir ini menjual hewan qurban berupa Kambing. Dikatakannya harga Kambing berumur dua sampai empat tahun berkisar mulai dari Rp 2 juta-an hingga tiga juta-an.
“Harga yang kami tawarkan tergantung dengan kondisi kesehatan, badan serta kesempurnaan. Untuk kambing sehat dan gemuk yang berumur diatas empat tahun harganya bisa mencapai empat hingga lima juta-an,” kata Evi, Senin (22/7/2019) kepada Silampari Media.
Disampaiannya, Kambing yang dijualnya didatangkan dari peternak kambing yang ada di Kota Curup Provinsi Bengkulu.
“Kambing-kambing ini saya beli dari peternak di Curup, kemudian saya jual lagi. Saya telah berjualan dari tahun lalu, untuknya lumayan untuk belanja keperluan lebaran,” ungkapnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Dispertankan), Suhardiman melalui Kabid Peternakan, Maria Yustiana pihaknya belum melakukan pengecekan secara mendalam, baru sebatas pantauan saja.

“Hari ini kami sudah melakukan pengecekan terhadap Kambing yang dijual, semua hewan yang dijua;l bagus, tidak ada cacat. Namun kami belum melakukan pengecekan layak doktor,” katanya.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pihaknya akan bekerja sama dengan tim dari Dinas Kesehatan dan bidang terkait lainnya untuk pengecekan lebih lanjut.
PENULIS : Hengki Pransis
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

GMNI: Kejari Jangan Seperti “Bedil Buluh” Kuat Suaranya, Namun Efeknya Tidak Ada

Bocah 12 Tahun Dilaporkan Hilang Saat Mandi di Sungai Rawas