LINTAS- Mobil Tronton yang membawa alat berat melintasi jalan desa dan jalan kabupaten.
in

Jalan Desa Dilintasi Mobil Tronton

MUSIRAWAS, Silmed.id – Baru dilakukan pengerasan oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Musi Rawas, akses dan Jembatan Sungai Muara Dua di Desa Prabumulih 1 Kecamatan Muara Lakitan, kini dilalui oleh mobil teronton yang membawa alat berat.

“Inikan jalan desa dan jalan kabupaten, kekuatannya hanya delapan ton, namun dilalui oleh mobil tronton dengan membawa alat berat dari Desa Pauh Kabupaten Muratara, yang diperkirakan beratnya 20 ton. Kalau dibiarkan seperti ini, maka jangan heran bila jalan kabupaten akan menjadi hancur,” kata SM (60) warga Desa Prabumulih kepada wartawan.

Untuk keluar masuk perusahaan sambung dia, mobil tronton berkoordinasi dengan oknum kepala dusun (Kadus) di Desa Prabumulih 1, dan saat melintas jalan desa, mobil tronton dikawal oleh oknum kadus.

“Mobil tronton tersebut, melewati jembatan sungai musi hingga ke aspal jalan, uniknya lagi, mobil tronton tersebut melintasi pos DLLAJ. Sekarang saya Tanya, kok bisa mobil yang bermuatan puluhan ton, melintasi jalan kabupaten, disana ada petugas DLLAJ yang menunggu di pos. Tapi hanya membiarkan , kami hanya bisa menonton dan berharap bupati bisa mengambil tindakan, agar infrastruktur di kabupaten ini dapat bertahan lama,” cerita dia.

Perlu diketahui oleh semua pihak, di Desa Prabumulih banyak perusahaan, seperti PT SAL yang HGU nya di Musi Banyuasin tepatnya Desa Ngunang, PT MAS dan PT PPA. Semua perusahaan tersebut mengunakan akses Desa Prabumulih 1.

”Sekarang PT PPA sedang membangun pabrik kelapa sawit, banyak kendaraan yang membawa alat berat melintas di jalan desa dan jalan kabupaten, mareka bisanya melintas pada malam hari,”ungkapnya.

Ditambah dia, sebagai warga Desa Prabumulih 1 dan hanya rakyat bisa, dirinya tidak ada kewenangan untuk menindak, sebagai warga hanya memiliki hak untuk mengadu.”Mobil yang melintasi jalan di Desa Prabumulih 1, juga melintasi pos DLLAJ, tapi tidak ditindak dan hanya mengambil sejumlah dengan alas an retribusi terminal,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Musi Rawas Adi Winata mengatakan, jalan yang dilintasi oleh mobil teronton tersebut, adalah jalan milik kabupaten, begitu juga dengan jembatan dibangun mengunakan APBD.

“Kami akan selidi terlebih dahulu,”jelas Adi singkat.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Kemarau Panjang, Harga Pangan Terpantau Normal

Dapat 500 Keping Blangko, Prioritaskan Perekaman Bulan Lalu