ilustrasi
in

Jabatan Enam Kades Kedaluwarsa

MUSIRAWAS, Silmed.id – Sebanyak enam Penjabat (Pj) kepala desa harus dipersiapkan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) dimana mereka akan diberi tugas untuk menggantikan posisi kepala desa (Kades) yang habis masa jabatannya.

Kepala DPMD Kabupaten Musirawas, Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan, Rian Pratama mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan Kades, pihaknya mengangkat Pj di masing-masing desa.

“Ada enam Kades sudah berakhir jabatannya. Sesuai dengan peraturan ketika Kades habis masa jabatannya maka memang harus digantikan oleh Pj,” kata Rian Pratama kepada Silampari Media, Rabu (4/9/2019).

Selanjutnya ke enam orang tersebut akan dilakukan uji kompetensi oleh BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Musi Rawas, karena mereka merupakan Pegawai Negeri Sipil.

Adapun desa yang akan dipimpin Pj tersebut diantaranya Desa SP7 Mukti Karya dan SP 10 Pian Raya, Kecamatan Muara Lakitan. Desa Remayu Kecamatan Tuah Negeri, Taba Tengah Kecamatan Selangit, Sungai Bunut serta Kembang Tanjung Kecamatan BTS (Bulang Tengah Suku) Ulu.

“Ada beberapa sudah dipimpin Pj, dan masa kerjanya akan segera berakhir, untuk perpanjangan lagi maka di tes kemampuan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan kepemimpinan dan sosial. Saat ini di Musirawas terdapat 20 desa yang dipimpin oleh Pj Kades,” ujarnya.

Untuk materi uji kompetensi sendiri, lanjut Rian Pratama, dipersiapkan oleh BKPSDM dan hasilnya akan diberikan langsung kepada yang bersangkutan dan tidak dipublikasikan.

Dengan diadakannya uji kopetensi ini dirinya berharap dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal.

“Intinya calon Pj Kades yang diusulkan dapat bekerja maksimal sesuai dengan amanah yang diberikan,” tukasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Peringatan Tahun Baru Islam Bersama KH Abdullah Gymnastiar

Dispora Lubuklinggau Jaring Atlet Pencak Silat