Irjen Pol Firli Bahuri menyampaikan sambutannya pada saat kunker ke Polres Lubuklinggau.
in

Irjen Firli : Dahulu, Kota Lubuklinggau Terkenal dengan Nama Kota Sindang Marga Ilir

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri saat kunjungan kerja (Kunker) di Polres Lubuklinggau menyampaikan, Kota Lubuklinggau adalah ibu kota pertama Provinsi Sumsel dan merupakan kota bersejarah.

“Kota Lubuklinggau ini merupakan kota yang sudah cukup tua mengisi perjalanan bangsa, mungkin sebagian banyak tidak mengetahui hal itu,” kata Irjen Pol Firli Bahuri dalam sambutanya.

Lanjutnya, Kota Lubuklinggau sudah ada setelah satu tahun perjuangan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yaitu pada tahun 1929 kota Lubuklinggau terkenal dengan nama kota Sindang Marga Ilir dan itu awal terbentuknya Sumsel.

Lubuklinggau merupakan kota pertama yang dibangun oleh Belanda yang dulunya di Muara Beliti setelah itu pindah ke Lubuklinggau.

“Sejarah ini bermakna bahwa Lubuklinggau sudah ada sebelum perjuangan, setelah kemerdekaan timbul Lubuklinggau merupakan ibu kota Sumsel,” ujarnya.

Pada tahun 1981 Lubuklinggau menjadi kota otonomi baru, setelah terbentuknya Undang-Undang (UU) no 22 tentang otonomi daerah.

“Harapan saya semoga dengan menceritakan sejarah Linggau ini orang semua ingat dengan perjuangan Lubuklinggau dan bagaimana nanti kedepannya,”pungkasnya.

PENULIS : Rio Rivaldo
EDITOR   : Aulia Azan Siddiq

Dua Terduga Pembunuh Erwin Diringkus Bersamaan Dengan Kunjungan Kapolda

Kapolda Tidak Tahu Tanggal Lahirnya? Berikut 7 Fakta Kunjungan Kapolda Sumsel ke Polres Lubuklinggau