Kepala SMK 3 Lubuklinggau, Donni Pestalozi mengawasi praktek kerja yang dilakukan anak didiknya.
in

Inilah Intruksi yang Diberikan Kadisdik Provinsi Kepada Kepala SMK dan SMA

Donni : Tidak Ada Disebutkan Tentang Demo

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Widodo, pada hari Jum’at (27/9/2019) memberikan intruksi kepada seluruh kepala SMA dan SMK.

Adapun empat poin intruksi yang diberikan ini bertujuan untuk mencermati perkembangan yang ada di ibukota Jakarta dan ditujukan kepada Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, SMK se-Sumsel. Yang berbunyi :

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Widodo.

1. Agar setiap Kepala SMA, SMK se-Sumsel memastikan siswanya tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), di dalam lingkungan sekolah selama jam belajar dan tidak ikut-ikutan kegiatan di luar sekolah yang tidak terkait dengan KBM.

2. Agar setiap Kepala SMA,SMK memastikan siswa, guru dan keluarga besar sekolahnya menjauhi atau tidak menonton kegiatan yang tidak terkait KBM yang dapat membahayakan fisik serta jiwa mereka.

3. Agar menjalin komunikasi dengan orang tua/wali siswa tentang kondisi anak-anak mereka, untuk memastikan orang tua terlibat dalam memastikan anak-anak mereka menghindari tindakan-tindakan yang bisa merugikan dan membahayakan diri mereka.

4. Segera atau secepatnya melaporkan setiap perkembangan kejadian yang ada, yang dapat mengarah ke keadaan yang dapat menciptakan kondisi yang tidak kondusif bagi KBM di sekolah masing-masing.

Menanggapi adanya instruksi tersebut Kepala SMKN 3 Lubuklinggau, Donni Pestalozi kepada Silampari Media mengatakan bahwa dirinya tengah mempelajari empat point tersebut untuk dilaksanakan, karena itu adalah intruksi yang disampaikan oleh pimpinan Disdik Sumsel.

“Instruksi tersebut tidak hanya ditujukan ke SMK tetapi juga untuk SMA. Pada intinya kepala SMK dan SMA, harus mengantisipasi keikutsertaan para pelajar dalam kegiatan demo yang bersifat membahayakan jiwa para pelajar,” ungkap Donni.

Lanjut Donni, kemarin (Kamis,26/9/2019) pihak Kepolisian datang ke sekolah-sekolah baik SMK maupun SMA yang ada di Kota Lubuklinggau, dalam rangka koordinasi untuk mengantisipasi keterlibatan para pelajar dalam aksi demo.

“Akan tetapi yang perlu diperhatikan secara teliti dari empat intruksi tersebut, adalah tidak ada disebutkannya tentang demo. Yang jelas tugas dari pihak sekolah adalah memastikan KBM di sekolah berjalan dengan baik, dengan kata lain bahwa pelajar, guru, tenaga pendidik dan seluruh komponen sekolah berada di lingkungan sekolah serta menjalankan aktifitas KBM selama jam sekolah berlangsung,”pungkasnya.

PENULIS : Rio Rivaldo
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Gugatan PT Ahba Mulya Dikabulkan Hakim PN Lubuklinggau

KPK Resmi Tahan Warga Kehormatan Lubuklinggau