ASET - Salah satu aset Pemkab Musi Rawas yang saat ini ditempati oleh Unmura untuk dihibahkan kepada Pemkot Lubuklinggau. Foto: Jofan Silmed.
in

Inilah 3 Poin yang Disepakati Tentang 55 Aset, Unmura dan Baitul ‘Ala Ikut Dibicarakan

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Pertemuan lanjutan mengenai 55 aset diserahkan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas kepada Pemerintah Lubuklinggau, menghasilkan tiga poin yang telah disepakati.

Hal ini diungkapkan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe kepada Silampari Media setelah pertemuan usai di ruang Moneng Kantor Pemkot Lubuklinggau, Rabu (2/10/2019).

Nanan, sapaan akrabnya mengatakan tiga kesepakatan tersebut yang pertama adalah beberapa aset pinjam pakai namun memiliki batasan waktu.

“Batasan waktu tersebut ada yang sampai tiga tahun ataupun lima tahun. Seperti Universitas Musi Rawas (Unmura) itu sampai 2021. Namun sekarang, mereka masih tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasanya,” kata Nanan.

Setelah 2021 nanti, lanjutnya, semua aset dan pengelolaan sepenuhnya menjadi milik dan tanggung jawab Pemkot Lubuklinggau.

“Setelah 2021, kami Pemkot akan siapkan lahan luas sekitar lima hektar untuk pembangunan gedung Unmura,” terang dia.

Setelah poin tersebut, dalam pembahasan juga menjelaskan aset yang sudah dihibahkan sepenuhnya kepada Pemkot Lubuklinggau.

“Itu seperti Terminal A, Eks Kantor dinas Pariwisata, Gedung Auditorium, bekas Kantor Bupati yang lainnya juga akan kami pasang plang milik Pemkot Lubuklinggau,” lanjutnya.

Sementara untuk, rumah dinas bupati, eks Kantor Pertanian di Jalan Riau serta Rumah Sakit Sobirin diserahkan kembali ke Pemerintah Musi Rawas

Selain itu, pembahasan juga berlanjut mengenai status lahan atau kepastian hukum Yayasan Baitul ‘Ala yang rencananya dikembalikan ke Pemkot Lubuklinggau.

“Untuk Baitul ‘ala diminta KPK di-nolkan, artinya sertifikat yang sudah ada di yayasan untuk dikembalikan kepada ke Pemkot,” begitu terang Walikota.

Nanan pun bersyukur, karena setelah 18 tahun berjalan permasalah mengenai aset ini bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

PENULIS : Jofan Saputra
EDITOR : Dodi Chandra

Simak Video Penjelasan Walikota Lubuklinggau Terkait 55 Aset

60 Mahasiswa STAI-BS Dapat Bimbingan Pra Nikah

100 Peserta dari Ormas dan LSM Ikuti Pendidikan Politik