Perabotan rumah tangga dan kerajinan tangan yang berasal dari rotan tetap eksis dan diminati sampai saat ini. Foto : Putri Silmed
in

Ini Jenis Perabotan Rumah Tangga Yang Tak Akan Lekang Oleh Waktu

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Perabotan rumah tangga saat ini memang sudah banyak yang mengarah ke yang lebih modern, seperti perabotan lemari makan, hingga kursi hias yang biasa diletakkan di depan teras rumah.

Namun saat ini, perabotan rumah tangga yang berasal dari anyaman rotan masih tetap diminati ditengah banyaknya sejumlah masyarakat yang menggunakan perabotan rumah tangga yang lebih modern dan classic.

Edy, salah seorang pengerajin rotan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani sesudah jembatan air Kelingi Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II kepada Silampari Media, Minggu (27/10/2019) mengatakan jika saat ini memang masih banyak yang lebih memilih untuk membeli perabotan rumah tangga yang lebih modern.

Meskipun demikian, anyaman perabotan yang berasal dari rotan tak kalah dengan perabotan yang lebih modern, bahkan perabotan dari rotan lebih banyak diminati oleh para konsumen.

“Yang masih pakai perabotan dari rotan alhamdulillah masih banyak, selain lebih awet, perabotan dari rotan juga dikenal lebih panjang umur dibandingkan bahan baku jenis lainnya,”ujar Edy.

Untuk proses, Edy sang pemilik toko sendiri yang melakukan proses pengerjaannya, disamping itu, Edy juga dibantu 2 orang karyawannya yang juga ikut menyanyam rotan menjadi berbagai perabotan rumah tangga yang unik dan cantik.

Berbagai jenis perabotan tersedia di Edy Rotan, mulai dari kursi santai, kursi teras, tudung saji, kuda kudaan anak, dan aneka anyaman sangkek yang unik.

Proses pembuatannya pun tergantung tingkat kesulitan dari perabotan itu sendiri, jika dalam kategori mudah dan sedang, Edy bisa menghasilkan sekitar 10-20 unit peranbotan disetiap harinya, namun jika tingkat kesulitannya sulit seperti kursi tamu dan perabotan besar lainnya bisa memakan waktu sekitar satu sampai 2 hari.

Untuk harga, aneka perabotan rumah tangga dibandrol dengan harga mukai dari Rp15.000- 3 juta, tergantung tingkat kesulitan, semakin rumit maka akan semakin tinggi harganya.

Sementara itu pelanggan Edy Rotan tak hanya berasal dari Kota Lubuklinggau saja, namun juga ada yang berasal dari luar kota seperti Rejang Lebong hingga Bengkulu.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Hiasi Hari Lamaran Lebih Cantik Bersama Bunda Dee’s Wedding Galery

Ave Ilir7: Jauhi Narkoba, Rajin Olahraga