in

Ini Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Selama hamil ibu sering mengalami keluhan yang tak mengenakkan. Mulai dari sulit tidur, nyeri di sekitar pinggang, hingga pembengkakan di bagian tubuh tertentu (edema), dan salah satunya adalah kaki.

Kaki bengkak pada ibu hamil biasanya terjadi di daerah telapak kaki hingga pergelangan kaki. Hal ini tentunya membuat ibu tidak merasa nyaman saat beraktivitas.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lubuklinggau, Nurmalina kepada Silampari Media, pada Sabtu (07/03/2020) mengatakan, jika kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang wajar dan normal. Pada trimester akhir kehamilan biasanya pembengkakan kaki cukup banyak dialami oleh ibu hamil.

Kondisi ini disebabkan meningkatnya volume darah dan cairan tubuh yang terjadi karena adanya mekanisme tubuh untuk mendukung pertumbuhan janin serta mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar lebih terbuka untuk persalinan.

Selain itu kondisi rahim yang semakin membesar dapat menekan pembuluh darah vena di panggul. Tekanan tersebut memperlambat sirkulasi darah dari kaki menuju jantung, sehingga darah berkumpul di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan.

Bukan hanya itu saja, kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil biasanya disebabkan karena berdiri terlalu lama, kelelahan atau melakukan aktivitas terlalu berat, kelebihan air ketuban, kurang minum air putih, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam atau minuman kafein .

“Penyebab kaki bengkak selama hamil sering kali bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila kaki bengkak disertai gejala lain seperti pusing, sakit kepala, gangguan penglihatan, nyeri perut, dan sesak napas, segeralah periksakan diri ke dokter kandungan untuk memantau kondisi janin,” ungkapnya.

Jika merasa terganggu dengan keluhan kaki bengkak saat hamil bisa diatasi dengan rutin berolahraga ringan. Jalan santai atau renang dapat melancarkan peredaran darah. Harus aktif, tidak duduk atau berdiri terlalu lama. Ketika duduk atau tidur, ganjal kaki dengan bantal, tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah. Gunakan sepatu yang nyaman, jangan pakai sepatu yang sempit. Kurangi menggunakan garam pada masakan atau makan makanan asin.

“Keluhan kaki bengkak saat hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya, jadi ibu jangan khawatir. Asalkan ibu rajin bergerak supaya sirkulasi darah lancar, gunakan sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak sempit, serta kurangi makanan yang terlalu asin, dengan menerapkan hidup sehat selama di masa kehamilan, mudah mudahan masalah timbulnya kaki bengkak pada saat kehamilan bisa teratasi dengan baik,” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita
EDITOR   : Dedi Ariyanto

Harga Emas Meroket, Jumlah Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Melonjak

Stok Kosong, Harga Gula Pasir di Lubuklinggau Melonjak