Harianto alias Tong (28) warga Jalan Cereme Dalam Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, terpaksa ditembak karena mencoba melarikan diri saat dilakukan penangkapan, Selasa (23/7/2019). Foto : Ist
in ,

Hendak Melarikan Diri Saat Ditangkap, Polisi Tembak Resedivis Pembobol Rumah

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Seorang resedivis spesialis pembobol rumah kosong di Lubuklinggau terpaksa ditembak oleh jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Lubuklinggau, Selasa (23/7/2019) sekitar pukul 18.00 WIB.
Pelaku yang diketahui bernama Harianto alias Tong (28) warga Jalan Cereme Dalam RT 07 Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, ditangkap petugas saat berada di kediamannya.
Sempat terjadi kejar-kejaran, lantaran pelaku mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan saat akan ditangkap.
Beruntung Tim Macan Linggau yang bertugas bergerak cepat dan melakukan tembakan terukur kearah kaki tersangka sehingga pelaku dapat diamankan.
Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Reskrim AKP RIvow Lapu mengatakan bahwa pelaku adalah spesialis pembobol rumah dan juga resedivis atas kasus yang sama.
“Tersangka telah melakukan pencurian di dua TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang berbeda di wilayah Sat Reskrim Polres Lubuklinggau,” katanya.
Salah satu korbannya disampaikan Rivow Lapu yakni Sarah yang merupakan pemilik dari Salon Vio berlokasi di Jalan Cereme Dalam. Adapun kejadian yang menimpa Salon milik Sarah itu, terjadi di bulan Februari 2019 lalu sekitar pukul 23.00 WIB.
Usai menerima laporan, anggota kemudian melakukan penyelidikan serta memeriksa sejumlah saksi, sehingga diketahui pelaku pencurian tersebut.
Penangkapan terhadap pelaku bermula dari adanya informasi yang menyampaikan bahwa tersangka sedang berada di rumahnya.
“Setelah menerima informasi tersebut, dibawa pimpinan Kanit Pidum, Ipda Zulkarnain bersama Tim Opsal dan anggota Riksa meluncur ke kediaman tersangka dan melakukan penangkapan,” ujarnya.
Setelah ditangkap petugas berencana membawa Tong ke Mapolres Lubuklinggau untuk dimintai keterangan lebih lanjut, namun tersangka memanfaatkan kelengahan petugas dengan mencoba melarikan diri setelah melakukan perlawanan sebelumnya.

“Karena tidak menggubris tembakan peringatan dari petugas, tersangka terpaksa kita hadiahi timah panas pada kakinya di bagian sebelah kanan,” terang Kasat.

Setelah dilumpuhkan, petugas selanjutnya melakukan penggedelahan dan berhasil mengamankan dua speaker aktif, satu televise LED dan satu tabung gas.
“Hasil interogasi yang dilakukan terhadap Tong, ia mengakui perbuatannya dan juga pernah melakukan pencurian pada bulan Desember 2018 di Jalan Selamat yang berada di Kecamatan Lubuklinggau Timur dengan nomor laporan LP/B-185/VII/2019,” pungkasnya.
PENULIS : Aulia Azan Siddiq

Megawati-Prabowo Bertemu, Jusuf Kalla Sebut dalam Rangka Rekonsiliasi

Polsek Muara Kelingi Ringkus Buruh Pemerkosa IRT