Anggota Satlantas Polres Lubuklinggau ketika menghentikan pengendara sepeda motor dalam giat Patuh Musi 2019 di Jalan Garuda Kelurahan Pasar Permiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, tepatnya di depan Taman Kurma Masjid Agung As-Salam.
in

Hari Pertama, Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Patuh Musi 2019

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Mulai hari ini, Kamis (29/8/2019), Satlantas POlres Lubuklinggau resmi menggelar Operasi Patuh Musi 2019. Kegiatan penertiban terhadap pengguna kendaraan bermotor ini serentak dilakukan secara nasional.

Sebanyak 112 pelanggar yang ditindak terdiri dari 107 motor dan 5 mobil. Keterangan ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Lantas, AKP Imanuhadi, seusai pelaksanaan apel sore di Mapolres Lubuklinggau.

Disampaikan Kasat Lantas, operasi patuh Musi 2109 akan dilaksanakan dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019 mendatang.

“Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, langsung melaksanakan penindakan sebagaimana target operasi yang sudah ditentukan. Hari ini jumlah pelanggar lalu lintas yang ditilang sebanyak 112, 5 diantaranya pengendara mobil yang tidak menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan,” kata AKP Imanuhadi.

Dijelaskannya, adapun jenis pelanggarannya yakni tidak menggunakan helm sebanyak 52 pelanggar, melawan arus lalu lintas 16 pelanggar, mengemudi dibawah umur 14 pelanggar dan tidak melengkapi dokumen surat menyurat dan kelengkapan kendaraan sebanyak 25 pelanggar.

“Sesuai amanat Undang-undang 22 tahun 2009, kita menjalankan kegiatan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, kelancaran berlalu lintas. Selain itu juga untuk meningkatkan keselamatan dan menurunkan fatalitasi kecelakaan serta menciptakan budaya tertib,” ucap Imanuhadi.

Pengendara juga tidak perlu takut dengan operasi patuh Musi 2019 yang lebih cenderung melakukan penindakan tegas, baik penilangan hingga pengandangan kendaraan, bila surat kendaraan sudah lengkap dan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Dalam operasi Musi 2019 ini, masyarakat dihimbau untuk senantiasa mematuhi aturan dalam berlalu linta demi keselamatan kita semua,” tukasnya.

Sebelumnya pada apel gelar pasukan, Kapolres juga telah menyampaikan 9 sasaran Operasi yaitu tidak menggunakan helm SNI, pengendara mobil tidak gunakan safety belt, melanggar batas kecepatan, melawan arus, mabuk saat berkendara, pengendara dibawah umur, menggunakan Handphone saat berkendara, kendaraan yang menggunakan lampu strobo dan rotator dan kendaraan yang tidak sesuai spek.

PENULIS : Aulia Azan Siddiq

“Ngamuk” di Belakang BRI Simpang RCA, Kobaran Api Hanguskan Rumah Walet Kehok

Lahan Milik Ketua BPD Diduga Diserobot Perusahaan