in

Gugatan Warga Terhadap Lahan Eks PT Cikencreng Mulai Disidang

*Penggugat Kompak Kenakan Baju Jokowi -Makruf

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Bertempat di Ruang Sidang Cakra I Pengadilan Negeri  Lubuklinggau, gugatan terhadap lahan Eks PT Cikencreng mulai disidang, Selasa, (17/92019).

Majelis Hakim yang menangani perkara dengan klasifikasi Gugatan Perwakilan Kelompok (Class Action) itu diketuai Ferdinaldo didampingi Hendri Agustian dan  Indra Lesmana Karim.

Sidang dengan gugatan yang didaftarkan pada Selasa, 20 Agustus 2019 dengan nomor 19/Pdt.G/2019/PN Llg itu diketahui  Penggugat bernama Zainal Abidin.S,dan kawan-kawan dan Kuasa Hukum Penggugat DR Hc Sambas S.IP, SH, MH dan Partners

Tergugat adalah PT.Cikencreng dan Pemerintah Kota Lubuklinggau sedangkan Turut Tergugat yakni Kepala Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Selatan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dalam sidang terlihat tidak ada perwakilan tergugat yang hadir, hanya turut tergugat 1 yakni perwakilan dari Kepala Kantor Pertanahan Kota Lubuklinggau yang terlihat di meja tergugat.

Atas hal ini, Majelis Hakim kemudian menunda persidangan dan akan digelar kembali pada Selasa (8/ 10/2019). “Masih dalam pemanggilan yang terkait. Kenapa tiga minggu, karena posisi masing-masing pihak tergugat tidak hanya ada di Kota Lubuklinggau, namun juga ada yang di Palembang. Ada juga yang berada di Jakarta,” ujar Ketua Majelis Hakim.

Uniknya, pihak penggugat atau warga yang datang terlihat kompak mengenakan baju kaos pasangan presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan KH Makruf Amin.

“Mangkonyo kito pake baju ini, supayo tidak bercampur baur dengan yang lain. Jadi sebagai ciri bahwa yang pakai baju ini, adalah dari kelompok kami penggugat. Tidak lebih dari itu,” ungkap salah seorang warga kepada Silampari Media sebelum sidang.

Untuk diketahui, gugatan ini merupakan tindak lanjut warga eks penghuni lahan cikencreng yang belum puas akan keputusan damai antara Pihak PT Cikenreng dan Pemkot Lubuklinggau. Dalam hal ini warga itu kemudian memberikan kuasa kepada advokat  Sambas untuk menggugat hal itu.

PENULIS : Jaka Saputra
EDITOR : Dodi Chandra

Kontigen Kemenag Juara Ditingkat Provinsi

AKBP Dwi Hartono : Waspadai Bahaya Kebakaran